Beranda Kutai Timur 17 Pramuka Kutim Ikuti Jambore Dunia Di Korsel

17 Pramuka Kutim Ikuti Jambore Dunia Di Korsel

415 views
0

Wabup Kasmidi saat lepas kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim untuk  mengikuti jambore pramuka dunia ke-25 tahun 2023 di Korsel. Foto : Nasruddin/Pro Kutim.

SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang melepas kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutim untuk  mengikuti jambore pramuka dunia ke-25 tahun 2023 di Korea Selatan (Korsel). Pelepasan berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (26/7/2023) sore.

Pada kesempatan itu, Wabup Kasmidi Bulang menjelaskan bahwa salah satu misi mengikuti jambore pramuka dunia adalah untuk memperkenalkan Kabupaten Kutim di kancah internasional bahwa gerakan kepanduan dan kepramukaan di Kutim ada dan aktif.

“Alhamdulillah, gerakan pramuka kita sudah 3 kali berturut-turut mendapatkan predikat terbaik di Kaltim. Mudah-mudahan kita tetap bisa menjadi yang terbaik di Kaltim dan bisa menjadi file projeknya gerakan kepanduan yang ada di Kaltim,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah memberikan support kepada anak-anaknya untuk aktif di kepramukaan. Dari 27 kontingen Kaltim, Kutim mengirim 17 peserta dan merupakan peserta terbanyak se-Kaltim.

“Karena kita yang paling banyak di Kaltim, paling tidak budaya dari Kutim lebih dominan ditampilkan di acara jambore nantinya,” harapnya.

Terakhir, ia mengingatkan kepada seluruh peserta agar tetap menjaga kesehatan, kekompakan, kebersamaan serta nama baik Kutim dan negara Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim Asti Mazar melaporkan bahwa peserta dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim akan bergabung bersama 1.584 peserta dari seluruh Indonesia dan menjadi bagian dari 27 peserta dari Kwarda Kaltim.

“Kwarcab Kutim sendiri mengirimkan 17 orang peserta dan 2 pembina pendamping. Merupakan peserta terbanyak dari Kaltim yang terdiri dari regu putra 8 orang dan regu putri 9 orang,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk menjadi peserta jambore pramuka dunia harus melewati tahapan seleksi yakni seleksi gugus depan atau sekolah yang diikuti oleh seluruh peserta tingkat SMP dan SMA/SMK. Selanjutnya seleksi di tingkat ranting atau kecamatan dan seleksi tingkat kwarcab.

“Maka dari itu, terpilihlah 17 anggota pramuka terbaik dari Kwarcab Kutim yang diseleksi dengan memperhatikan keaktifan gugus depan. Dibuktikan dengan SKU dan SKK, kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan budaya dan seni Indonesia dan terkhusus seni Kutim,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kemampuan peserta jambore dunia, Kwarcab Kutim telah melakukan pemusatan latihan selama 2 kali dengan pembekalan, pementasan seni khususnya dari seni Kutim, kemampuan berbahasa Inggris, pengetahuan budaya Korea, kuliner nusantara dan kegiatan-kegiatan fisik.

“Terima kasih kepada Pemkab Kutim yang telah mendukung kegiatan kepramukaan. Para mabigus dan pembina yang telah aktif melaksanakan pendidikan kepramukaan. Orang tua yang telah mendukung anak-anaknya untuk aktif dalam kegiatan kepramukaan,” tutupnya. (kopi14/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini