Beranda Pemerintahan Kick Off GNPIP Kaltim, Kutim Nyatakan Terus Dukung

Kick Off GNPIP Kaltim, Kutim Nyatakan Terus Dukung

114 views
0

Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretaris Kabupaten Kutai Timur Zubair mewakili Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman pada kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan Timur (Kaltim). Foto: Fuji Pro Kutim

SAMARINDA- Kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan Timur (Kaltim) Selasa (29/8/2023), turut dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Selasa (29/8/2023). Kegiatan yang mengusung tema “Kaltim Berdaulat Pangan” ini digelar di Demplot Kodim 0901 Samarinda.

Di acara terlihat Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi hadir mewakili Gubernur. Danrem 091/ASN Brigadir Jenderal TNI Yudhi Prasetiyo, Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo dari Kasrem 091/ASN, serta Budi Widihartanto sebagai kepala perwakilan Bank Indonesia Kaltim, beserta berbagai undangan lainnya. Dari Kutim, Bupati diwakili Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretaris Kabupaten Zubair.

Saat membuka acara, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bank Indonesia atas inisiatif Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) bekerja sama dengan TNI Polri. Ia menekankan bahwa peran TNI Polri tidak hanya menjaga ketahanan bangsa, tetapi juga ketahanan pangan.

Cabe telah menjadi faktor penyebab inflasi di seluruh Indonesia, bukan hanya di daerah tertentu. Oleh karena itu, Bank Indonesia bekerja sama dengan TNI untuk mendistribusikan 4 ribu dan tambahan 10 ribu polybag berisi bibit cabe. Langkah ini dianggap luar biasa dalam upaya pengendalian inflasi.

Selain itu, Wagub menjelaskan bahwa diversifikasi tanaman di Kaltim penting. Meskipun tidak semua tanaman cocok tumbuh di daerah ini karena faktor iklim. Namun upaya menanam beragam tanaman perlu dilakukan, terutama setelah terbentuknya IKN. Kebutuhan pangan diperkirakan akan semakin besar dan langkah ini diambil sebagai antisipasi.

Sedangkan Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretaris Kabupaten Zubair menegaskan, Pemkab Kutim terus mendukung program pengendalian inflasi. Dengan berbagai program terarah Dan komprehensif.

“Dilaksanakan terus menerus dan berkesinambungan,” tegasnya.

Memberdayakan sumber daya dan potensi lokal. Memperkuat diversifikasi pangan agar tidak banyak bergantung pada pasokan pangan global yang begitu rentan akibat konflik bersenjata maupun krisis kesehatan. Serta strategi-strategi positif lainnya. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini