Beranda Kutai Timur Erau 2023 Dimulai, Ditandai Mendirikan Tiang Ayu

Erau 2023 Dimulai, Ditandai Mendirikan Tiang Ayu

195 views
0

Tiang Ayu : Nampak Sutan Kutai Kertanegara Ing Martadipura berdiri dengan pandangan fokus pada prosesi pendirian tiang ayu. (Ronall J Warsa/Pro Kutim)

TENGGARONG – Prosesi mendirikan Tiang Ayu menjadi penanda pelaksanaan Erau Adat Pelas Benua Tahun 2023 dimulai. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin di ruang Stinggil Keraton Kesultanan/Museum Mulawarman pada Minggu (24/9/2023).

Sebelumnya dilakukan ritual belian oleh para wanita dan pria pengabdi, ketika Sultan Kutai Kertanegara Ing Martadipura memasuki ruang Stinggil maka seluruh keluarga, kerabat kesultanan, tamu undangan yang terdiri dari jajaran perwakilan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provins hingga Kabupaten/Kota, maupun hadirin yang berada di Keraton turur berdiri menyambut yang Mulia Raja hingga prosesi tiang ayu usai didirikan.

Kemudian Tiang Ayu diangkat oleh beberapa orang keluarga dan kerabat Keraton dan diletakkan dalam penyangganya. Setelah Tiang Ayu berdiri, seluruh hadirin berdoa bersama untuk kelancaran Erau Adat Pelas Benua Tahun 2023. Acara doa dipimpin oleh petinggi Agama Islam Kesultanan, dimulai pembacaan sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, memohon doa keselamatan dan tolak bala kepada Allah SWT dengan penuh rasa syukur dan takdzim.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dalam kesempatan ini diwakili Plt Asisten Administrasi Umum (Admum) Sekretaris Kabupaten Didi Herdiansyah, yang sejak menginjakkan kakinya di Kesultanan langsung disambut oleh kerabat-kerabat Sultan dengan baik dan penuh kehormatan.

Sambut : Plt Asisten III Admum Seskab Kutim Didi Herdiansyah disambut kerabat Kesultanan saat memasuki Keraton. (Ronall J Warsa/Pro Kutim)

“Alhamdulillah prosesi adat mendirikan tiang ayu telah berlangsung dilaksanakan pada hari ini. Sungguh ini merupakan kegiatan adat yang benar-benar menunjukkan kekuatan tradisi ditengah maju dan derasnya arus zaman. Kita semua harus tergugah dan bangga untuk melestarikan kebudayaan utamanya Erau Adat Pelas Benua di Bumi Kalimantan Timur,” ujar Didi Herdiansyah.

Prosesi : Seluruh pihak nampak khidmat menjalani prosesi pendirian tiang ayu. Mulai dari Sultan, keluarga dan kerabat, pengabdi belian, serta tamu undangan yang hadir.(Ronall J Warsa/Pro Kutim)

Kegiatan hari pertama pembukaan Erau yang terjadwal pada hari ini diantaranya ialah, mendirikan tiang ayu di Keraton Kesulatanan. Dilanjutkan acara setelahnya yakni pembukaaan upacara adat erau, kirab budaya, penampilan tari massal dan pembukaan expo erau serta bazar rakyat yang kesemuanya diuar pendirian tiang ayu, berlangsung di Stadion Rondong Demang Tenggarong.(kopi5/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini