Beranda Infrastruktur IPA 10 Liter/Detik Perumdam TTB Layani 800 Sambungan Rumah di Desa Sangkima...

IPA 10 Liter/Detik Perumdam TTB Layani 800 Sambungan Rumah di Desa Sangkima dan Teluk Singkama

100 views
0

Momen peletakan batu pertama pembangunan pipa intake yang berlokasi di Desa Teluk Singkama Kecamatan Sangatta Selatan.Foto:Wahyu/Pro Kutim

SANGATTA SELATAN – Program pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah Kutim terus dibenahi. Akhir pekan ini, Sabtu (21/10/2023), Bupati Ardiansyah Sulaiman berkesempatan melakukan groundbreaking optimalisasi dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Sangkima dan Teluk Singkama.

Ditemui usai kegiatan, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan SPAM ini merupakan salah satu kegiatan tahun jamak Pemkab Kutim yang sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang sangat butuh air bersih.

“Alhamdulillah 2 desa yakni Desa Teluk Singkama dan Sangkima bisa segera menikmati air bersih PDAM,” ucap orang nomor satu di Pemkab Kutim itu.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada pihak Pertamina yang mengizinkan berdampingannya pipa intake Perumdam dengan pipa Pertamina di sumber air baku. Ia berharap dalam waktu yang tak lama pipa intake dan sambungan pipa ke rumah warga bisa segera selesai. Sehingga dapat segera mengalirkan air ke seluruh warga.

“Terima kasih Pertamina sudah mengizinkan pembangunan intake di kawasannya. Untuk membanjiri desa Teluk Singkama dan desa Sangkima,” ujar Ardiansyah dihadapan Direktur Perumdam TTB Kutim Suparjan, Camat Sangatta Selatan Abbas, Kades Sangkima, Field Manajer Pertamina EP 5 Abdurrahman Marbuana, unsur muspika dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kutim Joni Abdi Setia mengatakan kegiatan pembangunan Instalasi Air Minum (IPA) merupakan salah satu paket kegiatan multiyears. Waktu pelaksanaan selama dua tahun (2023-2024), program bidang air minum, yang mana merupakan salah satu standar pelayanan minimal yang harus dipenuhi daerah. Adapun sumber pendanaan pembangunan IPA ini bersumber dari APBD Il Kabupaten Kutim.

“Pembangunan IPA dengan kapasitas 10 liter/detik ini dilengkapi dengan infrastruktur pendukung yaitu reservoir, pompa distribusi, intake, dan jaringan pipa. Target pelayanan Desa Sangkima dan Teluk Singkama sebesar 800 sambungan rumah,” ujarnya.

Adapun IPA dan sebagian jaringan berada dalam kawasan PT Pertamina. Saat ini sedang dalam proses perizinan. Untuk itu ia ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pertamina yang telah membantu pemerintah dan masyarakat sekitar wilayah Pertamina dalam upaya peningkatan pelayanan air minum.

“Dalam pembangunan infrastruktur air minum Kecamatan Sangatta Selatan ini, masih terdapat kekurangan jaringan air menuju airport, Teluk Lombok dan sekitar Teluk Kaba. Untuk ini, kami mohon dukungan bapak (Bupati Ardiansyah Sulaiman) untuk menyelesaikan infrastruktur air minum di Kecamatan Sangatta Selatan pada tahun 2024,” terangnya.(kopi7/kopi13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini