Beranda Kutai Timur Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus Sangatta Selatan Diresmikan

Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus Sangatta Selatan Diresmikan

185 views
0

Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Pemkesra) Setkab Poniso Suryo Trenggono didampingi Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut ( P) Rudi Iskandar Ketua DPRD Joni, Sekcam Rusmiaty Ketua RT 01 H.Andi Baso melakukan pengguntingan pita menandai diresmikannya Kampung Bahari Nusantara (KBN) Muara Gabus, Senin, 04/12/2023. Foto: Adi Sagaria Pro Kutim

SANGATTA – Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Muara Gabus, Dusun Sendawar, Kelurahan Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan diresmikan, Senin (4/12/2023) pagi. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretaris Kabupaten (Seskab) Poniso Suryo Trenggono hadir mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman ikut melakukan seremoni peresmian KBN. Mendampingi Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar yang sekaligus menandatanganani prasasti. Momen ini turut disaksikan Ketua DPRD Kutim Joni, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Lanal Sangatta Ny Erwin Rudi Iskandar dan unsur Forkopimda, Sescam Sangatta Selatan Rusmiyati, para Ketua RT dan undangan lainnya.

Asisten Pemkesra Seskab Ponisi Suryo Trenggono mewakili Pemkab Kutim mengatakan, pemerintah daerah sangat mengepresiasi kegiatan peresmian KBN oleh Lanal Sangatta.

“Karena Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus ini merupakan Ikon Sangatta. Nantinya diharapkan terjadi kolaborasi TNI AL dengan masyarakat sekitar Muara Gabus, sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” harapnya.

Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut ( P) Rudi Iskandar, SE., M.Tr.Opsla didampingi Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Pemkesra) Setkab Drs.H.Poniso Suryo Trenggono., M.Si Ketua DPRD, Joni., S.Sos, Sekcam Rusmiaty Ketua RT 01 H.Andi Baso menandatangani Prasasti KBN, Senin, 04/12/2023. Foto: Adi Sagaria Pro Kutim

Diyakini keberadaan KBN akan memberikan dampak positif ekonomi. Apalagi dilengkapi dengan pembangunan fasilitas lain seperti klinik kesehatan, pendidikan, wisata sarana ibadah dan lainya.

Sementara itu Komandan Lanal Sangatta Letkol (P) Rudi Iskandar menjelaskan, peresmian KBN dipusatkan di Pasmar II Surabaya. Namun pangkalan lain dilaksanakan secara daring serentak di Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia.

Dijelaskan, Lanal Sangatta pada 2023 ini meresmikan KBN yang berlokasi di Muara Gabus. Saat ini terdiri dari beberapa kluster, antara lain Kluster Pendidikan, Kluster Kesehatan dan Kluster Wisata. Untuk Kluster ekonomi sedang proses dibangun dan diharapkan dalam waktu tidak lama akan digunakan juga.

Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut ( P) Rudi Iskandar, SE., M.Tr.Opsla didampingi istri/Ketua Jelasenastri Ny. Erwin Rudi Iskandar dan Pengurus masing-masing Ny. Wiwik Rocki, Ny. Ana Erwanto, Ny. Lilis Lumban, Ny. Eva Tulus, Ny. Navalia Hendi, Ny. Makhasunah Sutrisno berfoto dengan anak-anak murid SDN Filian Sei Papan. Foto: Adi Sagaria Pro Kutim

Danlanal menambahkan, tujuan dibangunnya KBN adalah untuk menciptakan masyarakat pesisir yang sejahtera. Dengan potensi sumber daya alam yang dimilikinya. Selanjutnya dia juga berharap, KBN Rawa Gabus ini menjadi kampung bahari dengan menonjolkan wisata. Selain wisata, diharapkan akan meningkatkan taraf hidup di masyarakat, seperti pertanian dan perkebunan dan kesehatan.

Dia menyadari bahwa KBN ini memang belum sempurna, namun batas waktu yang ditentukan oleh pimpinan harus diresmikan hari ini, meskipun belum memenuhi standar kampung bahari, oleh sebab beberapa kluster yang belum ada.

“Namun meskipun belum lengkap, KBN sudah dibuka untuk umum dan dipersilakan warga datang jalan-jalan” ujarnya seraya menyebutkan bahwa peresmian KBN ini merupakan salah satu dari rangkaian Hari Armada 2023 yang diperingati setiap 5 Desember.

Acara diakhiri dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian paket sembako bagi warga sekitar Muara Gabus oleh Asisten Pemkesra, Danlanal, Ketua DPRD Kutim, Ketua Jalasenastri Erwin Rudi Iskandar, perwakilan kejari, perwakilan kodim 0909/KTM, perwakilan Polres (kopi8/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini