Beranda Kutai Timur Rakor Satu Data Kutim, Fokus Pengambilan Kebijakan

Rakor Satu Data Kutim, Fokus Pengambilan Kebijakan

144 views
0

Suasana pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Satu Data Kabupaten Kutim. Foto: Wahyu/Pro Kutim

SANGATTA – Demi mempermudah pengumpulan, berbagi dan integerasi data sehingga mudah menggunakannya, akurat, konsisten dan memperjelas makna data, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutai Timur (Kutim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Satu Data Kabupaten Kutim. Rakor yang digelar di Ruang Pelangi 1, Hotel Royal Victoria, Senin (11/12/2023) pagi tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono mewakili Bupati Kutim.

Saat membuka kegiatan, Asisten Pemkesra Poniso Suryo Renggono mengatakan pentingnya melakukan akselerasi implementasi satu data Indonesia, melalui pelaksanaan Rakor Satu Data Kabupaten Kutim. Untuk menghasilkan data yang berkualitas.

“Rakor ini sebagai wadah koordinasi dan pengambilan kebijakan bersama untuk bersinergi dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Kutim. Guna perbaikan tata kelola data sesuai dengan amanat perundangundangan yang berlaku,” ujarnya.

Ia berpesan bahwa Satu Data Kabupaten Kutim, merupakan kunci perbaikan tata kelola data untuk mempertajam strategi dan fokus pembangunan yang tentunya tidak terlepas dari dukungan serta kontribusi dari semua perangkat daerah. Berikutnya ia berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah konkret dalam perbaikan tata kelola data menuju Satu Data Indonesia (SDI) di Kutim. Kepada seluruh peserta ia berpesan untuk dapat mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya.

“Semoga kegiatan hari ini berjalan lancar dan sukses, yang akhirnya bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan Kabupaten Kutim,” harapnya di hadapan Kepala Dinas Pertanahan Simon Salombe dan peserta rakor tersebut.

Sebelumnya, Diar Fauzi Wiranata RA selaku Plt Kabid Statistik mewakili Kepala Diskominfo Staper Kutim menyampaikan, kegiatan ini mengundang seluruh perangkat daerah dan kecamatan di Kabupaten Kutim. Mendatangkan narasumber Akhmad Junaidi yakni Kepala Badan Pusat Statistik Kutim. Untuk memberikan materi yang fokus kepada pembinaan terhadap peningkatan kualitas data terutama data statistik sektoral. Kemudian narasumber dari Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim Marhadyn, fokus memberikan arahan sekaligus menggali isu strategis tata kelola data yang ada di lingkungan Pemkab Kutim.

“Tujuan pelaksanaan pada kegiatan kali ini adalah memberikan pemahaman tentang Satu Data Indonesia beserta instrumen-instrumen pendukungnya. Selanjutnya menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses serta dibagipakaikan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Serta upaya koordinasi dan konsolidasi kinerja Satu Data Indonesia untuk mendukung pembangunan yang lebih berkualitas,” bebernya.

Terakhir, ia berharap hasil dari kegiatan ini, menciptakan persamaan persepsi dan pemahaman serta penguatan komitmen dalam penyelenggaraan statistik sektoral dan Satu Data Indonesia di Kutim.

“Upaya komitmen dan harapan bersama dalam percepatan Satu Data Indonesia melalui aksi nyata seluruh stakeholder yang akan dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. Selaras dengan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Rencana Aksi Satu Data Indonesia,” singkatnya. (kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini