Beranda Kutai Timur Disperindag Gelar Bazar di Ranpul, Upaya Geliatkan Ekonomi Rakyat Pasar Padang Raya

Disperindag Gelar Bazar di Ranpul, Upaya Geliatkan Ekonomi Rakyat Pasar Padang Raya

90 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman saat menghadiri pembukaan Bazar Pasar Padang Raya Rantau Pulung. Foto : Nasruddin/Pro Kutim

RANPUL – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Bazar Pasar Padang Raya Rantau Pulung (Ranpul). Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Halaman Pasar Rakyat Padang Raya Kecamatan Ranpul, Senin (18/12/2023) malam. Turut hadir dalam acara yakni Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Plt Kadisperindag Kutim Andi Nur Hadi Saputra, Kadis Perikanan Kutim Suriansyah, Kadishub Kutim Joko Suripto, Kepala DLH Kutim Harmin, Camat Rantau Pulung Tristiningsih, Forkopimcam dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa berlahan namun pasti pemerintah terus melakukan pembangunan baik infrastruktur maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, peningkatan ekonomi kerakyatan juga semakin digalakkan salah satunya dengan menggelar kegiatan bazar.

“Saya sudah mengarahkan camat terkait bagaimana caranya kita meramaikan gedung yang sudah kita resmikan ini. Kewajiban pemerintah adalah membangun dan kita telah membangunkan pasar. Mungkin salah satu penyebabnya masyarakat tidak mau berbelanja ke pasar karena jalan porosnya belum bagus. Insyaallah tahun 2024 sudah ada 3 titik yang mau diselesaikan. Walaupun belum semuanya namun kita akan bangun secara bertahap,” ucapnya.

Terakhir, ia berharap agenda-agenda yang bisa meramaikan pasar terus digalakkan. Bukan hanya bazar namun juga bisa dalam bentuk pasar malam maupun dalam bentuk kegiatan lainnya.

Sementara itu, Plt Kadisperindag Kutim Andi Nur Hadi Saputra mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ardiansyah beserta istri Siti Robiah yang telah berkenaan hadir dan membuka Bazar Pasar Padang Raya Ranpul. Ia berharap dengan adanya bazar ini, menjadi salah satu upaya untuk meramaikan Pasar Rakyat Padang Raya Ranpul yang selama ini kurang peminat.

“Disperindag Kutim sudah melakukan beberapa perbaikan baik di dalam maupun luar gedung pasar. Di antaranya pemasangan keramik dalam gedung pasar, semenisasi halaman pasar dan penimbunan di samping kiri dan kanan serta belakang gedung pasar,” jelasnya.

Sebelumnya, Camat Ranpul Tristiningsih menyampaikan bahwa Pemkab Kutim telah memberikan pembangunan yang sangat luar biasa bagi Kecamatan Ranpul. Salah satunya adalah Pasar Ranpul yang saat ini sudah kelihatan cantik dan di dalamnya sudah direhab. Selain itu, halaman pasar juga tidak lagi becek (tergenang air).

“Harapannya setelah Pemkab Kutim membangun semua fasilitas yang luar biasa ini, masyarakat antusias menggunakannya sebagai tempat kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi untuk saat ini kami belum menemukan formula bagaimana meramaikan pasar Ranpul ini. Jadi dari kegiatan ini kami menghimbau kepada masyarakat Ranpul yang memiliki aktifitas berdagang agar menggunakan dan memanfaatkan gedung pasar yang sudah dibangun cantik ini agar tidak mubazir,” singkatnya. (kopi14/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini