Beranda Kutai Timur Bupati Bantu Poktan dan Nelayan di Muara Bengalon – Dukung Pengembangan Peternakan...

Bupati Bantu Poktan dan Nelayan di Muara Bengalon – Dukung Pengembangan Peternakan dan Perikanan

78 views
0

Momen Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat menyerahkan secara simbolis bantuan untuk Poktan dan nelayan di Muara Bengalon. Foto: Yuni/Pro Kutim

BENGALON – Saat kunjungan kerja (Kunker) di Pesta Laut Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon pada Rabu (20/12/2023), Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan untuk kelompok tani (Poktan) dan nelayan.

Beberapa alat dan bahan bantuan yang diserahkan oleh Ardiansyah yakni 1 unit peralatan kandang kepada Poktan Cahaya Tani, bibit ternak itik sebanyak 425 ekor kepada Poktan Lumayan Raya Indah, kelulut 40 kotak kepada Poktan Harapan Maju. Bibit ternak sapi 10 ekor kepada Poktan Subur Jaya, bibit ternak kambing 26 ekor kepada Poktan Yakin Bersama, bibit ternak kambing 25 ekor kepada Poktan Harapan Jaya dan benih sorgum 700 kilogram kepada Poktan Mandiri Jaya.

Kemudian juga diserahkan bantuan kepada nelayan. Yakni jaring atau alat tangkap kepada Kelompok Nelayan Karya Baru sebanyak 506 pcs (buah) dan mesin kapal 24 PK sebanyak 10 unit kepada Kelompok Nelayan Siapa Karyo.

Beberapa alat serta bahan peternakan dan perikanan bersumber dari dua perangkat daerah (PD) Pemkab Kutim yakni DTPHP dan Dinas Perikanan. Waktu menyerahkan bantuan, Bupati Kutim didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Dyah Ratnaningrum, Kepala Dinas Perikanan Suriansyah dan Kepala Desa Muara Bengalon Muhammad Yusuf.

Dalam arahannya, Ardiansyah meminta kepada Poktan dan nelayan di Muara Bengalon manfaatkan secara maksimal bantuan ini. Untuk menunjang produktivitas pertanian dan perikanan lokal.

“Saya harap digunakan sebagaimana mestinya dan tentunya hasilnya bernilai positif. Untuk kemajuan ekonomi kerakyatan Poktan dan nelayan di Muara Bengalon,” jelasnya.

Ardiansyah turut mengucapkan selamat kepada Desa Muara Bengalon yang tadi sudah menggelar lomba mancing di Pesta Laut Muara Bengalon.

“Sebelumnya sudah ada lomba kapal hias. Saya sangat mendukung agenda ini, tahun depan mudah-mudahan bisa meningkat lagi dan lebih semarak,” ucapnya.

Selanjutnya, Ardiansyah berharap bantuan Pemkab Kutim melalui dari DTPHP Kutim berupa bibit ternak sapi, kambing dan itik harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Begitu pula bantuan jaring dan mesin kapal dari Dinas Perikanan.

“Mudahan-mudahan kegiatan ini akan terus eksis berlangsung di tahun depan,” tegasnya.

Di akhir acara, Bupati Ardiansyah turut menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba mancing berupa 1 unit motor. (kopi9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini