Beranda Kutai Timur Kabag Prokopim Kutim Berbagi Ilmu – Ajarkan Public Speaking dan Kehumasan ke...

Kabag Prokopim Kutim Berbagi Ilmu – Ajarkan Public Speaking dan Kehumasan ke Siswa SMAN 1 Teluk Pandan

46 views
0

Kabag Prokopim Setkab Kutim Basuki Isnawan saat memberikan materi Publik Speaking di SMAN 1 Teluk Pandan.Foto: Yuni/Pro Kutim

TELUK PANDAN – Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setkab Kutim Basuki Isnawan berkesempatan hadir menghadiri undangan menjadi narasumber di SMAN 1 Teluk Pandan, Sabtu (3/2/2023). Materi yang disampaikan merupakan ilmu yang sangat bermanfaat di era saat ini, yakni Public Speaking.

Kegiatan ini menjadi rangkaian kegiatan dari panitia pelaksana (Panpel) SMAN 1 Teluk Pandan dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Siswa SMAN 1 Teluk Pandan Melalui Pelatihan Public Speaking”. Bekerja sama dengan Pemkab Kutim, PT Pamapersada Nusantara dan PT Indominco Mandiri (IMM).

Dalam kesempatan itu, Basuki turut membawa serta Aimam Situmorang untuk mengisi ice breaking untuk memecah suasana dan Fuji yang memaparkan terkait seluk beluk komunikasi kehumasan. Basuki langsung menjadi pemateri pertama menjelaskan Public Speaking. Dia mengatakan keahlian public speaking menjadi modal yang paling penting dalam menyampaikan pesan kepada orang lain.

“Karena lewat teknik ini kuncinya kita bisa berbicara yang efektif. Supaya pesan kita sampai kepada orang lain. Bagaimana pesan kita sampai ? Ya menggunakan pendekatan seni berkomunikasi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia turut menjelaskan tujuan Public Speaking dan cara melakukan teknik seni berkomunikasi yang baik di depan orang banyak.

“Yang penting dari Public Speaking itu punya rasa percaya diri dahulu, itu yang harus dibangun. Selanjutnya, kita improve (improvisasi) bertutur bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Yang penting jangan lupakan bahan materi yang ingin disampaikan, kita harus wajib kuasai agar tidak kaku ketika menyampaikan pesan ke publik,” bebernya.

Selanjutnya, terus melatih kepercayaan diri dan banyak membaca. Dia yakin yakin siswa-siswi SMAN 1 Teluk Pandan bisa menguasai public speaking asalkan ada kemauan.

Terakhir, Basuki Isnawan melatih siswa-siswi SMAN 1 Teluk Pandan dengan uji keterampilan public speaking dengan tema yang sudah ditentukan yakni tentang bahaya narkoba dan terkait sampah. Ada siswa dan siswi masing-masing satu orang yang berani tampil mencoba kemampuan bicara di depan publik. Kendati belum sempurna, keberanian mereka diapresiasi oleh Basuki selaku pemateri yang kemudian memberi hadiah.

Agar tak membosankan, kegiatan tersebut diisi pula dengan ice breaking. Aiman Situmorang yang merupakan protokol Pemkab Kutim sukses membuat keseruan bersama seluruh siswa. Dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar daerah Kutim dan Pemilu hingga seruan menghapus perudungan. Permainan berupa menjawab kuis secara daring dari telpon genggam masing-masing. Dari skor terakhir keluar tiga juara dengan poin teratas dan diberi hadiah.

Materi komunikasi kehumasan menutup rangkaian kegiatan. Fuji sebagai pemateri terakhir tak panjang lebar memaparkan poin penting tentang public speaking yang mendukung komunikasi di bidang kehumasan. Mulai dari peran, tugas pokok dan fungsi humas, hingga keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja humas.

“Satu diantara banyak keahlian yang dibutuhkan oleh seorang staf humas atau PR (public relations) adalah bicara. Mendukung keahlian bicara ini, seorang yang bekerja dibidang kehumasan harus menguasai public speaking. Karena humas sejatinya harus selalu berkomunikasi, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal. Sehingga bisa menciptakan citra yang baik bagi organisasi, perusahaan atau pemerintah,” jelas Fuji yang juga jurnalis Prokopim.

Antusiasme seluruh siswa tak berkurang sejak pembukaan oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman pagi hari, hingga materi terakhir jelang tengah hari. Seluruh siswa nampak menikmati penyampaian materi dan antusias berinteraksi dengan para pemateri. Didampingi para guru dan pejabat Kecamatan Teluk Pandan. (kopi9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini