Beranda Kutai Timur Apel Siaga Bawaslu, Persiapan Pemilu di Kutim Makin Matang

Apel Siaga Bawaslu, Persiapan Pemilu di Kutim Makin Matang

113 views
0

Suasana jalannya Apel Siaga Bawaslu di Kutim jelang pencoblosan Pemilu Serentak 14 Februari 2024. Foto: istimewa

SANGATTA – Pada Sabtu (10/2/2024) pagi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Lapangan Kantor Bupati Kutim, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi. Tujuan dari apel ini adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa para pengawas telah siap dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu di Kabupaten Kutim dengan mematuhi hukum kepemiluan guna mencegah pelanggaran.

Dalam amanat apel pagi, Ketua Bawaslu Kutim Aswadi menjelaskan bahwa hari terakhir sebelum masa tenang merupakan titik kritis bagi penyelenggara pemilu. Selama tiga hari tersebut, perlu memastikan bahwa tidak ada kampanye, politik uang, dan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah.

“Setelah masa tenang, tahapan penting pemilu adalah pemungutan suara, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Untuk itu, diperlukan ketelitian, kesabaran, dan pengetahuan regulasi yang komprehensif demi terjaminnya tahapan tersebut yang berjalan dengan baik dan demokratis,” tegasnya.

Senada, Ketua Bawaslu Kaltim Hari Dermanto, berharap agar jajaran pengawas pemilu bisa menjaga integritas selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

“Penyelenggaraan pemilu akan dinilai berdasarkan integritas penyelenggara, integritas proses pemilu, dan integritas hasil pemilu. Oleh karena itu, penting bagi pengawas pemilu untuk menjaga integritas mereka selama tahapan pemungutan dan penghitungan suara berjalan,” sebutnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Seskab Kutim mewakili Bupati Kutim yakni Poniso Suryo Renggono, menekankan pentingnya kerja profesional dari Bawaslu dan jajaran untuk menggambarkan kondisi di lapangan sesuai dengan data yang ada, dengan tujuan mendeteksi masalah dan berkoordinasi dengan KPU dan Forkopimcam serta Forkopimda untuk memastikan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan konstitusi.

“Fungsi pengawasan memiliki peran penting dalam setiap tahapan pemilu, sementara partisipasi masyarakat juga menjadi faktor dominan dalam keberhasilan pemilu yang berkualitas,” paparnya.

Atas nama Pemkab Kutim, Poniso mengapresiasi terselenggaranya Apel Siaga ini.

“Apel siaga ini menunjukkan kesiapan dalam pengawasan pada setiap tahapan pemilu serta upaya menghasilkan pemilu 2024 yang berintegritas, jujur, dan adil,” terangnya.

Poniso juga berharap agar pengawas TPS memahami aturan dengan baik, sesuai dengan peraturan pengawasan, dalam menjaga keberlanjutan demokrasi yang sedang berlangsung, serta untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu. Ia juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dari semua pihak, mulai dari unsur pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, hingga masyarakat, untuk mencegah dan mempersempit ruang terjadinya kerawanan pemilu.

Terakhir, Poniso juga berharap agar seluruh pihak komitmen dalam menjalankan tugas pengawasan dengan baik dan profesional, serta menjaga kondusifitas Kabupaten Kutim yang telah berjalan dengan baik. Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 juga dihadiri oleh Forkopimda, Polres Kutim, Satpol-PP Kutim, KPU Kutim, Dishub Kutim, Kodim 0909 Kutim, Danlanal Sangatta, Perguruan Tinggi, hingga FKDM Kutim. (kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini