SANGATTA- Warga Sangatta kembali mengalami gangguan aliran air akibat perbaikan kebocoran pipa induk berdiameter 160 mm yang terkena galian excavator saat pembuatan drainase di Jalan H M Ardans. Perbaikan yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Tuah Benua (TTan) Kutai Timur (Kutim) dijadwalkan pada Selasa (30/7/2024) mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WITA.
Gangguan ini menyebabkan aliran air terhenti di beberapa wilayah, di antaranya Jalan H M Ardans, Jalan I A Muis, Jalan Loa Mali, Jalan Loa Hitam, Gang Pinang Mas, Gang Darma Hidayah, Gang Ruto, Gang Mentari, Gang Sehati, Gang Mandar, Terminal Sangatta, serta kawasan KM 1 hingga KM 3 dan gang-gang di sekitarnya.
Direktur Utama Perumdam TTB Suparjan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada masyarakat.
“Kami berusaha secepat mungkin menyelesaikan perbaikan ini agar aliran air dapat kembali normal,” ujarnya.

Sebelumnya, Perumdam TTB Kutim juga telah menyelesaikan pekerjaan perlintasan gorong-gorong pipa berdiameter 400 mm di Jalan Poros Kabo serta pembersihan saluran intake pada Sabtu (3/8/2024). Meski begitu, aliran air tetap terganggu akibat pemeliharaan dan perbaikan saluran air baku di intake Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo yang tersumbat oleh sampah dan longsoran tanah.
“Pemeliharaan ini sangat penting untuk memastikan kualitas dan kelancaran distribusi air kepada pelanggan,” jelas Suparjan. “Kami mengimbau warga untuk bersabar dan tetap menghemat penggunaan air selama proses perbaikan berlangsung,” tambahnya
Perbaikan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Perumdam TTB untuk meningkatkan kualitas layanan air minum di Kutim. Suparjan memastikan, pihaknya akan terus bekerja keras dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna meminimalisir gangguan serupa di masa mendatang.
Perbaikan pipa dan pemeliharaan saluran air yang sedang berlangsung ini diharapkan dapat segera tuntas. Sehingga masyarakat Sangatta Selatan dapat kembali menikmati aliran air bersih tanpa hambatan. Sementara itu, Perumdam TTB Kutim juga menyediakan informasi terkini melalui layanan pelanggan dan media sosial untuk memastikan warga selalu mendapatkan info terkini terkait gangguan dan perbaikan yang dilakukan.
Dengan komitmen tinggi dan kerja keras, Perumdam TTB Kutim berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan di Kutim. Bagi warga yang membutuhkan bantuan lebih lanjut, Perumdam TTB menyediakan kontak layanan pelanggan yang siap membantu setiap saat. Yakni call center di nomor 0549-2027255 dan 0811-591-515. (kopi3)