Beranda Kutai Timur PDAM Cabang Muara Bengkal Diresmikan – Baru Bisa Layani Empat Desa

PDAM Cabang Muara Bengkal Diresmikan – Baru Bisa Layani Empat Desa

642 views
0
pdam air bersih

SANGATTA- Warga beberapa desa di Kecamatan Muara Bengkal kini dapat merasakan aliran air bersih, dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Muara Bengkal yang telah diresmikan oleh Bupati Kutim Ismunandar, Sabtu (3/12) lalu. Peresmian PDAM Cabang Muara Bengkal yang berkapasitas 20 liter/detik ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan selubung papan nama. Dilanjutkan penandatanganan prasasti. 

Setelah peresmian, Bupati Kutim Ismunandar menegaskan bahwa Pemkab Kutim saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan yang baik dan bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Tidak hanya kebutuhan air bersih yang mudah dan sehat, namun juga pemenuhan kebutuhan listrik 24 jam sehari diseluruh wilayah kabupaten.  

“(Namun) Proses pembangunan (air bersih dan listrik) akan dilakukan secara bertahap. Sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi seluruhnya hingga masa akhir periode (Bupati dan Wabup) bertugas,”. jelas Ismunandar yang mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kutim hari itu.  

Kepada masyarakat Ismu menjelaskan bahwa dia dan Wabup Kasmidi Bulang setelah terpilih mengemban amanah dan kepercayaan dari rakyat. Yakni untuk melayani keperluan dan kebutuhan masyarakat. Bukan sebaliknya yakni minta dilayani. Untuk itu pasangan Ismu-KB (sebutan Bupati dan Wabup saat kampanye) mulai memberikan porsi yang lebih kepada desa untuk bisa membangun daerahnya secara terarah. Desa membangun yang terangkum dalam program Gerbang Desa Madu (gerakan pembangunan desa mandiri dan terpadu) merupakan program unggulan yang diluncurkan Pemkab Kutim guna merancang desa menjadi lebih mandiri sebagai subjek pembangunan. 

Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua, Aji Mirni Mawarni menjelaskan, PDAM Cabang Muara Bengkal sudah melayani Kecamatan Muara Bengkal sejak Kabupaten Kutai. Sebelumnya beroperasi dengan kapasitas 5 liter/detik dan melayani 603 pelanggan. Saat ini dengan kapasitas IPA (instalasi pengolahan air) 20 liter/detik, PDAM menambah pemasangan baru mencapai 310 sambungan. 

“Hingga saat ini total pelanggan berjumlah 913 KK. Tahun 2016 masih ada 40 pelanggan baru dan pada tahun 2017 menargetkan 200 sampai 500 pelanggan untuk kapasitas 20 liter/detik,” jelas Aji Mirni merinci.Saat ini, PDAM Cabang Muara Bengkal yang berlokasi di Jalan ABD Samad Suy, RT 1, Desa Muara Bengkal Ilir ini bisa melayani 4 desa. Yaitu Desa Benua Baru, Muara Bengkal Ulu, Muara Bengkal Ilir dan Desa Ngayau. Menurut Aji Mirni, pihaknya berusaha melayani seluruh pelanggan dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik. Sehingga bisa mencapai pelayanan prima. Sebagai tambahan, 3 dari 7 desa yang belum merasakan aliran air bersih dari PDAM Cabang Muara Bengkal yakni Desa Mulupan, Senambah dan Desa Batu Balai. (hms8)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini