Beranda Pariwisata Dispar Kutim Dorong Kuliner Khas Daerah Lebih Dikenal

Dispar Kutim Dorong Kuliner Khas Daerah Lebih Dikenal

168 views
0

Bupati membuka pelatihan Pengembangan Kuliner Khas Daerah Kecamatan Bengalon. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Sebagai salah wujud upaya pelestarian budaya lokal, khususnya kuliner khas daerah, Dinas Pariwisata Kutai Timur (Dispar Kutim) menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kuliner Khas Daerah Kecamatan Bengalon, Selasa,(30/11/2021). Pelatihan yang dilangsungkan di Hotel Royal Victoria ini dibuka Bupati Ardiansyah Sulaiman.

Sebelum membuka acara, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman berharap masyarakat lebih produktif. Sehingga dapat terus mengembangkan perekonomian daerah.

“Pemerintah juga akan membantu memasilitasi dalam hal pemasaran,” ujar Ardiansyah.

Agar program pemberdayaan masyarakat ini berdampak positif secara berkelanjutan, Ardiansyah berharap kegiatan ini tak hanya dilaksanakan hanya untuk sekedar seremonial belaka. Dengan kata lain, setelah ilmu dibagi tetapi masyarakat masih belum bisa memaksimalkan potensi diri.

Dengan diadakan pelatihan semacam ini, Ardiansyah mengharapkan adanya inovasi. Dari segi kualitas produk, kemasan maupun pemasaran. Sebagai wujud upaya pengembangan kuliner khas daerah tersebut menjadi lebih baik.

“Banyak produk yang sudah kita (UMKM Kutim) keluarkan, jangan hanya dipasarkan ditingkat lokal saja, kita harapkan bisa dijual keluar,” harap Ardiansyah dihadapan Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan, Kadispar Nurullah serta undangan lainnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kadispar Nurullah mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menggali potensi dan mempromosikan makanan khas daerah. Diharapkan melalui pelatihan ini bisa memberikan masukan-masukan kepada pelaku kuliner lokal.

“Sehingga dapat mendorong industri kuliner di Kabupaten Kutai Timur, khususnya di Kecamatan Bengalon,” ucapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Merupakan para pelaku usaha kuliner yang ada di Kecamatan Bengalon. Peserta akan mendapat transfer ilmu dari narasumber. Yakni dari TP PKK Kutim serta Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Kutim. (hms8/hms3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here