Beranda Kutai Timur Mengikuti Kunjungan Wisata Belajar TKIT Daarussalam – Semua Siswa TK Ingin Jadi...

Mengikuti Kunjungan Wisata Belajar TKIT Daarussalam – Semua Siswa TK Ingin Jadi Bupati !

315 views
0

Bupati Ardiansyah foto bersama murid TK/KB Daarussalam, Sangatta 10/8/2022. Foto: Eben dan Fuji Pro Kutim

SANGATTA- Cuaca yang sedang dingin karena hujan deras mengguyur seluruh bagian Kota Sangatta, sejak pagi, ternyata tak menyurutkan semangat ratusan siswa siswi Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain Daarussalam, Sangatta Utara untuk berkunjung ke Kantor Bupati Kutai Timur (Kutim) di Bukit Pelangi, Rabu (10/8/2022).

Ratusan calon generasi emas Kutim tersebut sengaja ke “Gedung Putih” sebutan Kantor Bupati untuk melaksanakan kunjungan wisata belajar TKIT Daarussalam. Ratusan siswa siswi dengan gaya lucu mereka, sengaja berkumpul di Ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten, untuk menunggu orang nomor satu di Pemkab yakni Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman.

Meski sedikit molor dari jadwal, namun kegiatan dimaksud tetap berlangsung penuh suasana ceria. Sebanyak 241 anak menyambut dan menjawab salam Bupati dengan cukup lantang.

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh anak-anak,” kata Ardiansyah. “Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh,” jawab seluruh anak serentak.

Pertemuan santai yang belangsung sejak pukul 09.30 WITA, terasa cukup menyenangkan membuat anak-anak semangat mengikuti rangkaian kegiatan. Sebagai bentuk perkenalan, Ardiansyah menanyakan siapa dirinya kepada seluruh siswa TK dan KB. Ada yang tahu ada pula yang belum kenal. Lantas Bupati pun memperkenalkan diri sekaligus memberikan tantangan kepada anak-anak untuk melafalkan surah pendek Al-Quran, seperti Al Ikhlas dan An-Nas. Berikutnya melafalkan doa bercermin, doa sebelum masuk masjid, sebelum belajar hingga doa untuk kedua orang tua.

Di sesi dialog ringan, Bupati mempersilakan beberapa siswa siswi secara bergantian bertanya kepadanya. Rata-rata banyak yang bertanya tentang pekerjaan dan ruang kerja Bupati. Pertanyaan itu ditanggapi Bupati dengan mempersilakan para siswa untuk mengunjungi ruang kerjanya usai kegiatan.

“Bapak kantornya di mana ?,” tanya Alvira seorang siswi. “Kantor bapak di Kawasan Bukit Pelangi,” jawab Ardiansyah.

“Bapak Bupati kerjanya apa ?,” tanya Astaria, siswi TKIT Daarussalam lainnya. “Ohh kerja bapak setiap hari ada yang ditulis dan tanda tangan. Selain itu bertemu masyarakat,” sebut Bupati sambil tersenyum.

Pertanyaan lainnya datang dari Afkan, “Bapak Bupati suka makan apa ?,” tanyanya. “Bapak suka makan kue,” kata Ardiansyah.

Murid yang hadir pun berebut untuk menjawab atau pun bertanya kepada Bupati. Setiap pertanyaan yang dilontarkan selalu membuat setiap undangan yang hadir menjadi tertawa. Walaupun dipersilakan bertanya, tapi ternyata banyak pula siswa yang hanya ingin tampil untuk bernyanyi dan melafalkan hafalan surah atau doa di hadapan Bupati. Bupati pun hanya bisa terkekeh dengan kepolosan anak-anak menggemaskan tersebut. Namun demikian, secara keseluruhan semua murid yang hadir tetap berlaku tertib. Mereka memiliki antusias tinggi untuk melafalkan surat pendek bersama Bupati.

“Siapa yang sudah besar nanti juga ingin menjadi Bupati?” tanya Ardiansyah yang langsung dijawab serentak “Saya,” oleh murid yang ada di ruangan itu.

Ardiansyah pun mendoakan kepada seluruh murid yang hadir untuk menjadi pemimpin yang hebat di masa depan. Saking senangnya bersua dengan siswa TKIT, Bupati sampai-sampai merelakan agenda kerja selanjutnya menjadi terlambat. Hanya untuk mengikuti kegiatan murid TKIT/KB Daarussalam tersebut.

Kepala Sekolah TKIT Daarussalam Bunda Khusnul Khotimah menjelaskan murid yang hadir dari berbagai jenjang. Mulai dari tingkat KB sejumlah 29 anak, sedangkan tingkat TK Kelas A 100 anak, serta 112 dari kelas B.

Setelah melakukan kegiatan interaktif bersama Bupati, seluruh murid melakukan makan bersama. Mereka membuat lingkaran yang dipandu langsung oleh setiap wali kelas mereka. Murid yang hadir pun sangat semangat menghabiskan bekal mereka, setelah mengetahui apabila bekal mereka habis, seluruh murid diperbolehkan berkeliling ruangan kerja Kantor Bupati, Wabup serta Seskab.

“Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Biasanya murid berkunjung bukan hanya ke Kantor Bupati, tetapi juga ke Dinas Damkar (Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan), Kantor Polisi (Polres Kutim), serta Puskesmas,” sebutnya. (kopi12/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here