Beranda Pertambangan & Energi Ramadhan Bebas Byar-Pet

Ramadhan Bebas Byar-Pet

64 views
0

PLN Siapkan Petugas Piket, Antisipasi Gangguan

SANGATTA – Demi memberikan kenyamanan terhadap masyarakat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, PLN Rayon Sangatta berkomitmen untuk tidak melakukan pemadaman bergilir atau byar-pet.

Menurut Kepala Rayon PLN Sangatta Achmad Ariansyah hal tersebut sangat mungkin dilakukan, karena proses pemeliharaan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk sistem Sangatta akan rampung sebelum Ramadan. Sehingga pasokan daya mampu PLN kembali normal.

“Saat ini pergantian mesin dan trafo yang sebelumnya mengalami gangguan telah rampung. Dengan demikian daya mampu bertambah sebesar 1,5 Mega Watt (MW). Sedangkan satu unit mesin lainnya dengan kapasitas 1 MW, masih menunggu proses pengiriman,” jelas Ari, sapaan akrab Achmad Ariansyah.

Dia nemambahkan, jika mesin sudah terpasang, daya yang ada akan menormalkan pasokan listrik. Dia menerangkan, pelayanan listrik di wilayah Sangatta disuplay dari sistem. Pertama dari sistem Sangatta melalui PLTD di Jalan APT Pranoto dengan daya mampu sebesar 11,5 MW. Kemudian dari sistem Mahakam yang disuplay melalui Gardu Induk Bontang sebesar 7 MW.

“Saat ini suplay dari Bontang aman. Mudah-mudahan saja, tidak ada masalah,” sebutnya.
Sebagai langkah antisipasi jika terjadi gangguan, PLN akan menyiapkan tim piket monitoring, khususnya pada saat waktu sahur dan berbuka puasa. Selain itu, untuk pihak rekanan juga diminta komitmennya saat terjadi gangguan mendadak.

“Yah, kita upayakan pemadaman seminimal mungkin. Bahkan kalau perlu tidak ada,” harap Ari.
Terkait dengan rencana penambahan pasokan daya sebesar 7 MW dari Bontang, menurut dia masih dalam proses pembangunan jaringan. Diperkirakan baru dapat terealisasi pada akhir 2016 mendatang. Khusus pembangunan jaringan memakan waktu 3-4 bulan. Kemungkinan akhir tahun baru bisa terealisasi. (*/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here