Beranda Kutai Timur Tahun Ini, Bukit Kahyangan “Batu Putih” Diusulkan Dapat Setrum PLN

Tahun Ini, Bukit Kahyangan “Batu Putih” Diusulkan Dapat Setrum PLN

172 views
0

Suasana rapat perencanaan pemasangan aliran listrik di jalan Bukit Kahyangan, Desa Singa Gembara, Kutai Timur.(Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) berencana mengalirkan listrik PLN di daerah “Batu Putih” tepatnya jalan Bukit Kahyangan, Desa Singa Gembara, Kutai Timur. Perencanaan tersebut digodok dalam rapat yang dipimpin oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Suroto di Ruang Ulin, Kantor Bupati Kutim, Selasa (6/4/2021).

Ditemui usai memimpin rapat, Asisten Ekobang Suroto menyimpulkan, bahwa pemerintah sangat serius dalam persoalan jaringan listrik, agar semua masyarakat yang ada di Kutim bisa menikmati terangnya listrik PLN. Namun ada beberapa kendala, ia membeberkan persoalan belum teraliri listrik PLN diwilayah tersebut, padahal sudah ada berdiri tiang listrik yang dibangun oleh pemerintah dari Dinas PU dan Perkim. Terkendala aturan PT PLN, jadi belum bisa di STO (Serah Terima Operasi)-kan.

“Karena PT PLN untuk me-STO jaringan itu, ditiang yang ada harus lengkap aksesorinya. (Akhirnya) dari berbagai syarat yang jelaskan PT PLN Pemkab Kutim pun tidak mempunyai wewenang. Wewenang itu pun ada di provinsi dan PLN itu sendiri,” jelas Suroto.

Lanjut ia menerangkan pihak PLN pun memberikan solusi. Dimulai pada tahun ini mengusulkan jaringan PLN yang baru ke pusat untuk menyambung ataupun menambahkan jaringan listrik di daerah tersebut.

Senada, perwakilan UP3 PT PLN, Burhan mengatakan, mereka akan mensurvey ulang lokasi, dikarenakan sudah ada tiang yang disediakan pihak pemerintah. Jadi gambaran rencana diawali sudah ada, secara langsung harus menyesuaikan kondisi yang sekarang.

“Usulan ini (rencana pemasangan aliran listrik PLN) dimasukkan tahun (2021). Untuk realisasinya kami belum berani jamin bulan berapa, tahun berapa tapi kita akan usahakan ke atasan,”tandasnya.

Dalam rapat tersebut dihadiri Plt Kabag SDA Syahidin, Kabag Kerjasama Yuriansyah, perwakilan Dinas Perkim Tahang, perwakilan PT PLN dan OPD terkait. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here