Beranda Kutai Timur Diresmikan Bupati Kutim, Kini Kaliorang Punya TPA Sampah

Diresmikan Bupati Kutim, Kini Kaliorang Punya TPA Sampah

255 views
0

Peresmian dan peninjauan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di dekat SP1 Kaliorang oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman. Foto: Fuji Pro Kutim

KALIORANG- Saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Kaliorang saat meresmikan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Kecamatan Kaliorang, awal pekan lalu  Bupati Kutim H Ardiansyah juga menyelesaikan satu agenda lainnya. Yakni meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di dekat SP1 Kaliorang.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati, didampingi Camat Kaliorang Rusnomo, Muspika serta undangan lainnnya. Usai sedikit seremoni, Ardiansyah dan lainnya menyempatkan waktu melakukan peninjauan. Lokasi TPA dengan lembah dan jurang yang dalam menurut Ardiansyah bakal sanggup menampung jumlah sampah yang banyak dalam jangka panjang. Namun karena lokasinya yang masih asri, Bupati berharap TPA Sampah Kaliorang dapat dikelola modern dengan metode yang ramah lingkungan.

“Sepertinya menarik, kalau lahan yang asri untuk lokasi outbound. Tapi pengelolaan sampahnya mesti modern, jadi mengunjung tak terganggu dengan proses pengolahan sampah,” saran Ardiansyah.

Masukan Bupati bukan tanpa alasan, sebab metode tersebut saat ini bisa dilakukan dengan pengembangan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah yang lebih modern. Karena tidak mengeluarkan bau tak sedap.

Camat Kaliorang Rusnomo menjelaskan bahwa TPA Sampah Kaliorang memiliki luas lokasi hingga 2 haktare. Namun ke depan berpotensi dikembangkan lebih luas lagi dengan tambahan lahan 2 hektare. Penyediaan lahan TPA Sampah Kaliorang tersebut sengaja dilakukan untuk mengantisipasi sulitnya pengadaan lahan di masa depan. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini