Beranda Kutai Timur Di Penas Petani Nelayan, Pisang Kepok Grecek Kutim Diminati – Sumatra Utara...

Di Penas Petani Nelayan, Pisang Kepok Grecek Kutim Diminati – Sumatra Utara Tertarik Benih, Lampung Pesan Buahnya

238 views
0

Stand pameran Dinas Pangan Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur menampilkan komoditi unggulan Kalimantan Timur Pisang kepok gerecek berasal dari Kabupaten kutai timur, yang di minati Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada Acara PENAS Padang Sumatera Barat 2023. Foto: Istimewa

PADANG- Pisang Kepok Grecek asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang ikut meramaikan koleksi stan pameran Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjelma jadi primadona di Pameran Pekan Nasional Petani Nelayan XVI di Padang, Sumatra Barat.

Pameran ini menampilkan beragam produk unggulan di sektor pertanian  (agriculture), perikanan khususnya perikanan budidaya. Mulai dari inovasi teknologi, prasarana dan sarana beserta jasa pendukungnya. Berlangsung sejak 10 hingga 15 Juni 2023. Dengan tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

“Alhamdulillah bibit pisang Grecek diminati Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumtra). Dalam hal ini penangkar benih dari Kabupaten Kutai Timur akan mempersiapkan kebutuhan benih pisang kepok grecek yang di butuhkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” ujar Priyanto, petani Kutim yang menjadi delegasi Kaltim di Pameran Penas Petani Nelayan tahun ini.

Priyanto yang merupakan warga Kecamatan Kaubun mengaku bersyukur karena produksi buah pisang Grecek Kutim juga diminati Lampung. Rencana kerja sama ini bakal menjadi peluang pengembangan komoditi pisang Grecek di Kutim menjadi semakin meningkat. (kopi3).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini