Beranda Celebrity News Tri Agustin Kusumaningrum – Guru Kutim Terbaik Nasional

Tri Agustin Kusumaningrum – Guru Kutim Terbaik Nasional

598 views
0

SANGATTA – Kutai Timur tak berhenti menghasilkan guru berprestasi. Salah satunya, Tri Agustin Kusumaningrum, Guru SDN 002 Sangatta Utara, sukses menjadi Guru Berprestasi tingkat nasional 2017.

Mulai menulis buku “Mulok Kutai Timur” 2015 lalu, Tri aktif ikut sebagai peserta Simposium Nasional 2016. Prestasi manis lainnya yakni sebelum ini sukses sebagai juara 1 Guru berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) 2016.

Berkat prestasi dimaksud, Tri dihadiahi perjalanan Pendidikan ke China, yang akan dilakukannya dalam waktu tak lama lagi. Yaitu Pendidikan dan Latihan di Science, Technology, Engeneering, and Math (STEM) dan HOTS di Jiangsu Vocational Institute of Architectural  Technology.

Dilahirkan dari keluarga tenaga pendidik yakni ibunya Tri Hartini, SPd yang pensiunan  guru, rasanya tak mengejutkan bila sang anak juga memiliki darah pendidik. Selain menjadi guru, Tri pernah menulis salah satu buku populer “Jelajah Arsitektur Lamin Suku Dayak Kenyah.” Buku ini pun memenangkan lomba penulisan, khusus buku bahan bacaan anak  GLN 2018  yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tri Agustin mengaku dalam setiap seleksi yang ia ikuti, merupakan ujian yang sangat berat. Tetapi dia percaya bukan hanya kompetensi dan kemampuan yang menjadi penentu. Melainkan harus diiringi oleh doa restu dari orang tua dan sekitar.

“Jadi selama seleksi pesaing terberat itu ada peserta dari pulau Jawa. Dikarenakan mereka sudah mumpuni dari segala aspek,” ucap Tri yang berhijab.

Tri Agustin menjelaskan sebelum mencapai seleksi nasional, sebenarnya banyak juga guru-guru Kutim yang cukup bagus. Terutama dari Kecamatan Sangatta Utara. Sedangkan untuk tingkat Kaltim, kota Balikpapan adalah pesaing terberat. Dalam persaingan, dia terpilih mengikuti pendidikan dan pelatihan di Cina setelah menjadi peringkat 6. Sekaligus satu-satunya guru SD yang diberangkatkan mewakili Kaltim mendapat pendidikan dan pelatihan di Cina selama 5 minggu.

“Pesaing terberat kembali wilayah Jawa yaitu Jawa Barat dan Tengah. Tetapi allhamdulilah saya bisa mendapat pelatihan dan pendidikan ini,” ujarnya bahagia.

Tri Agustin mengatakan rencana kedepan, dia berkeinginan membuka kelas literasi untuk anak-anak di Pasar Induk Sangatta. Dia menjelaskan ingin tetap melanjutkan menulis buku-buku agar karya untuk generasi bangsa. Terutama Kutim, agar masyarakat mengetahui identitas daerah.

“Guru mulia, karena guru adalah sosok utama penggerak perubahan,” ujar Tri dengan bangga.

Terakhir, Tri Agustin berharap jika memang diberikan kesehatan, ia ingin terus memperkenalkan budaya dayak dan Kutai  dari Kutai Timur melalui tulisan, sehingga generasi muda mengenal keunikan budayanya, dapat  terus berkarya  dan menginspirasi guru-guru lain di Kutai Timur. (hms7)

PROFIL

Nama Lengkap : Tri Agustin Kusumaningrum,S.Pd.

Telp Kantor/Hp : – /081253700303

Pos-el :3august10k@gmail.com

Akun Facebook : Tri Agustin Kusumaningrum

Alamat kantor : SDN 002 Sangatta Utara, Jln A Wahab Syahrani No 1, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, (Kode Pos: 75611)

Bidang Keahlian : Pendidikan SD

Riwayat Pekerjaan/Profesi (10 Tahun terakhir) :

2003 hingga sekarang, Guru SDN 002 Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur

Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar :

S1 :  PGSD  Universitas Mulawarman – Samarinda (2008-2010)

D2 :  PGSD  Universitas Mulawarman – Samarinda (2005-2007)

Prestasi  :

Lulusan terbaik 1 D2 PGSD Universitas Mulawarman 2007

INSTRUKTUR NASIONAL/MENTOR Kegiatan PKB GURU sejak tahun 2015 hingga sekarang

Penulis Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas V Muatan Lokal Kutai Timur tahun 2015

Finalis Simposium Nasional 2016, Judul KTI : “Penerapan Metode Edutaiment Dalam Program Guru Pembelajar Guna Peningkatan Profesional Guru”,

Dimuat dalam : Prosiding  Jurnal Artikel Ilmiah Simposium GTK Nasional, ISBN: 978-602-74835-3-8

Juara 1 Guru Prestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2017

Finalis lomba GTK berprestasi tingkat Nasional tahun 2017

Judul KTI : “Payung Sejuk Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Fenomena Perubahan Wujud Benda”.

Penulis buku pendidikan “Media Payung Sejuk” ISBN:978-602-5475-73-3  diterbitkan tahun 2018

Penulis dan Verifikator Soal Tingkat Nasional Tahun 2019 0leh Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemenang lomba penulisan buku bahan bacaan anak  GLN 2018  yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Judul buku :  Jelajah Arsitektur Lamin Suku Dayak Kenyah.

ISBN : 978-602-437-498-3  diterbitkan tahun 2018

Peserta Pendidikan dan Latihan di Science, Technology, Engeneering, and Math (STEM) dan HOTS di JiangsuVocational Institute of Architectural  Technology, China . Tanggal 26 Februari – 27 Maret 2019

Informasi lain:

Lahir di Semarang, 10 Agustus 1978. Menikah dan dikaruniai 3 anak. Besar dan menetap di kabupaten Kutai Timur – Kalimantan Timur. Terlibat aktif di bidang  pendidikan, literasi, seni rupa, dan organisasi profesi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini