Beranda Pemerintahan Bursa Inovasi Desa Sangatta Utara dan Sangatta Selatan – Bidik Infrastruktur dan...

Bursa Inovasi Desa Sangatta Utara dan Sangatta Selatan – Bidik Infrastruktur dan SDM

75 views
0

GALI POTENSI: Wabup Kasmidi saat meninjau salah satu stan pameran Bursa Inovasi Daerah (BID) 2019. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM) Kutai Timur (Kutim) menggeber gelaran Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2019 untuk dua kecamatan yaitu Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung BPU Sangatta Utara, Rabu (17/7/2019), bertujuan mendorong desa-desa lebih memiliki konsentrasi terhadap pembangunan yang inovatif dan diharapkan menjadi pusat inovasi desa secara nasional.

Wabup Kasmidi Bulang secara simbolis membuka kegiatan ini disaksikan Kepala DPM Suwandi, Camat Sangatta Utara Muhammad Basuni, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, perwakilan stakeholder dari PT Pertamina EP dan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Dalam arahannya Kasmidi meminta semua pihak kompak dan fokus membidik dua isu strategis yaitu infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Hal ini dharapkan menjadi trigger bagi upaya mendorong daya kreasi dan inovasi menggunakan anggaran desa secara inovatif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Saya ingin di 2019 target pemerintah desa memahami program desa dalam pemanfaatan dana desa melalui program kegiatan pembangunan dan pemberdayaan kreatif dan inovatif ini  tepat sasaran dalam mensukseskan Garbang Madu Kutim,” paparnya.

Kasmidi menambahkan BID menjadi momentum penting bagi desa untuk dapat mewujudkan kegiatan baik dalam perencanaan dan penganggaran desa yang inovatif. Pemangku kebijakan di pemerintahan desa juga harus memiliki sikap cermat dan jeli dalam melihat potensi yang ada.

“Dari potensi desa tersebut, perlu dilakukan langkah kreatif sehingga memiliki nilai ekonomi produktif bagi masyarakat. Anggaran desa yang dikucurkan dari kementerian pedesaan mampu kita manfaatkan menjadi daya tarik peningkatan ekonomi masyarakat. Semua stakeholder juga berperan turut membangun desa akhirnya menumbuhkan kolaborasi antar pihak,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here