Beranda Kutai Timur Tanam Pohon Bisa Jadi Syarat Menikah – Pinta Ismu Saat Melakukan Penghijauan

Tanam Pohon Bisa Jadi Syarat Menikah – Pinta Ismu Saat Melakukan Penghijauan

438 views
0

Bupati H Ismunandar saat menanam pohon disekitar Kantor Camat Sangatta Selatan. (Foto Jani Humas)

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar senantiasa menggalakan gerakan penanaman dan penghijauan di daerahnya. Seperti yang dilakukan Bupati pada kegiatan penanaman pohon di sekitar Kantor Camat Sangatta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Dalam kegiatan ini sebanyak 2.000 bibit pohon buah-buahan ditanam disekitar Kantor Camat Sangatta Selatan dan setiap pekarangan rumah warga serta dibeberaa titik diwilayah tersebut.

Bupati H Ismunandar, mengatakan, Dengan adanya pelaksanaan penanaman pohon ini, diharapkan dapat menularkan rasa peduli terhadap lingkungan hidup. Bahkan, Ismu meminta penanam pohon dapat dijadikan salah satu syarat bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. 

“Kalau bisa Kantor Urusan Agama (KUA) Sangatta Selatan memasukkan satu syarat pasangan yang akan menikah, dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk di tanam. Hal ini dimaksudkan untuk memotviasi masyarakat untuk bersama – sama menanam pohon. karena generasi saat ini adalah generasi menanam bukan lagi generasi menambang,” ujarnya.

“Pada 1970 adalah generasi menebang habis-habisan pohon ditebang. Apalagi dulu dipedalaman anak-anak tidak mau melanjutkan sekolah. Malah lebih memilih mencari batang pohon disungai karena cepat menghasilkan uang. Namun, sekarang adalah generasi bagaimana menanam bisa menjadi untung,” tambah Ismu sapaan akrab bupati ini.

Pada kesempatan itu, Ismu juga  mengingatkan tidak hanya menanam saja, tetapi harus ada pemeliharaan. jangan sampai kegiatan ini hanya sebatas ceremonial saja.

“Apalagi musim kering pasti mati. Jadi habis menanam dipelihara jangan ditinggal. Karena kebiasan kita habis menanam hanya ceremonial saja. Sebab, kalau panen manis dan asamnya tergantung pemeliharaan,” katanya.

Sebelumnya, Camat Sangatta Selatan Hasdiah mengatakan, penanaman 2000 pohon ini merupakan rangkaian hari lingkungan hidup. Dengan melibatkan pemerintah dan elemen masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PT KPC atas dukungan bibit pohon serta tokoh masyarakat, kepala UPT se-Kecamatan Sangatta selatan dan semua pihak yang juga mendukung kegiatan ini.  Selanjutnya kami menyerahkan bibit pohon kemasing-masing RT untuk dibagikan kesetiap rumah agar ditanam dipekarangan,” ujar Hasdiah.

Saat itu penanaman dilakukan secara simbolis ditandai dengan penanaman pohon durian oleh Bupati Ismunandar didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat (Pemkesra),  Suko Buono. Melibatkan unsur FKPD, sejumlah perusahaan, masyarakat sekitar serta mahasiswa KKN Universitas Mulawarman. (hms10)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini