Beranda Pemerintahan Pasien Positif COVID-19 di Kutim Tambah Satu – Warga Asal Jakarta, Bekerja...

Pasien Positif COVID-19 di Kutim Tambah Satu – Warga Asal Jakarta, Bekerja di Sangatta

6.260 views
0

Plt Kepala Dinkes Kaltim Andi M Ishak. (Foto: Ist)

SANGATTA- Angka pasien positif COVID-19 asal Kutai Timur (Kutim) bertambah satu orang lagi. Pasien positif COVID-19 dari Kutim, satu dirawat di RSUD Parikesit Tenggarong, satu di RSUD Kudungga Sangatta, satu pasien positif yang sempat dirawat di RSUD Husada Bontang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan yang terbaru, dari data dilaman media sosial Instagram @dinkesprov.kaltim pukul 19.00 Wita, 8 April 2020, satu orang warga asal Jakarta yang bekerja di Kutim kembali dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, Rabu (8/4/20) sore tadi. Saat ini, pasien terakhir positif COVID-19, tengah dirawat di RSUD AW Sjahranie Samarinda.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Andi Muhammad Ishak melaporkan ada satu tambahan pasien positif COVID-19 tersebut saat menggelar video telekonferensi dengan awak media dan diunggah via laman Instagram @dinkesprov.kaltim.

“Pasien asal Kutim atau bisa disebut KTM4 adalah seorang laki-laki berusia 54 tahun. Berdasarkan riwayat perjalanannya, pasien awal mulanya melakukan perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara APT Pranoto Samarinda untuk bekerja di salah satu perusahan di Kutim,” jelas Andi.

Selanjutnya, pada 19 Maret 2020, KTM4 berobat di RSUD AW Sjahranie lantaran mengeluh sakit sesak nafas, pilek, dan sakit tenggorokan. Kemudian disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Setelah mendapatkan anjuran untuk isolasi di rumah, KTM4 pun berangkat ke rumah orangtuanya yang berada di Kutai Kartanegara (Kukar). Selama melakukan isolasi di rumah, KTM4 masih mengeluhkan sakit. Pada 26 Maret 2020, KTM4 kembali mengecek kesehatan dirinya di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda, karena kondisinya yang tak kunjung membaik. Sehingga pada 27 Maret 2020, KTM4 dirujuk ke RSUD AW Sjahranie Samarinda dan dilakukan isolasi.

“Setelah menjalani isolasi, pasien dimasukkan dalam daftar orang dalam pengawasan (PDP). Hasil tes swab pada 27 Maret dan keluar pada 8 April (2020) ini, diketahui kalau pasien positif terinfeksi COVID-19. Dari hasil uji Swab, dalam tubuh pasien menunjukkan adanya foto thorax pneumonia. Kini pasien tengah dalam perawatan medis di RSUD AW Sjahranie Samarinda,” terang Andi.

Hingga kini data update harian di corona.kutaitimurkab.go.id per 8 April 2020 sampai pukul 22.19 Wita tercatat untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) totalnya mencapai 357 orang dengan selesai pemantauan ada 278 orang dan proses pemantauan 79 orang. Selanjutnya untuk PDP ada 12 orang dengan menunggu hasil lab 5, hasil negatif 3 dan hasil positif berjumlah 4 termasuk 1 pasien yang baru saja dinyatakan sembuh. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here