Beranda Sosial & Kesehatan Ikut Cegah COVID-19, IKAT Kutim Bagi 6.500 Masker

Ikut Cegah COVID-19, IKAT Kutim Bagi 6.500 Masker

1.233 views
0

Momen warga toraja berbagi masker kepada masyarakat Kota Sangatta. (Alvian Pro Kutim)

SANGATTA- Partisipasi masyarakat terus bertambah dalam pencegahan maupun penganggulangan COVID-19. Warga Toraja yang terhimpun dalam Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) di Kutai Timur (Kutim) ternyata juga ikut peduli. Masyarakat satu suku dari daratan Sulawesi ini pun membagikan 6.500 masker untuk warga di Desa Singa Gembara dan masyarakat umum lainnya. Masker diserahkan simbolis oleh Ketua IKAT Kutim Pither Buyang kepada Bupati Ismunandar di Posko Utama Penanggulangan COVID-19 di Kantor BPBD Kutim, jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara, Rabu (15/4/2020).

Selanjutnya masker tersebut segera dibagikan ke tiap RT di lingkungan Desa Singa Gembara, Jalan Poros Kabo, Kabo Jaya, Gg Anita, Selamat I dan II serta kilometer 3 Poros Sangatta-Bontang. Masing masing rumah tangga maksimal akan mendapatkan 4 lembar masker.

Bupati Ismunandar menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus IKAT Kutim yang turut peduli dan membantu pemerintah melawan penyebaran serta penularan virus Corona di Kutim.

“Mudah-mudahan hal baik seperti yang dilakukan IKAT juga bisa diikuti paguyuban lainnya. Ini adalah bentuk gotong royong daerah dalam mendukung gerakan ‘gotong-royong nasional’ dalam menghadapi pandemi (Corona) ini,” sebut Ismu.

Sementara itu, Ketua IKAT Kutim, Pither Buyang menjelaskan bahwa aksi ini adalah wujud kepedulian dan keprihatinan masyarakat Toraja atas pandemi virus Corona ini.

“Pembagian masker ini adalah langkah edukasi agar masyarakat bisa menggunakan masker saat keluar rumah. Jangan sampai tertular atau menulari karena kelalaian kita dengan tidak menggunakan masker,” katanya.

Selanjutnya dia mengajak masyarakat saling menjaga. Dalam situasi sekarang ini tidak ada alasan lagi tak menggunakan masker jika keluar rumah. Sesuai anjuran Pemerintah Pusat untuk menggunakan masker semi memutus rantai penularan COVID-19.

Selain warga Desa Singa Gembara, pembagian masker juga menyasar warga Sangatta. Pembagian masker gratis dibantu Mahasiswa Toraja Sangatta di pertigaan jalan Abdul Wahab Syahranie – Yos Sudarso. Perlu diketahui, semua masker yang diserahkan merupakan buatan warga Toraja, dari dana yang dihimpun sesama masyarakat Toraja.

“Terima kasih kepada seluruh donatur dan semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini. Kami menyadari masih banyak kekurangan tapi ini adalah langkah awal berbuat kebaikan di tengah kondisi pandemi virus Corona ini,” ujarnya. (hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here