Beranda Entertainment Presiden Launching #BanggaBuatanIndonesia – Kadiskop UKM: Inovasi Usaha Dari Offline Ke Online

Presiden Launching #BanggaBuatanIndonesia – Kadiskop UKM: Inovasi Usaha Dari Offline Ke Online

269 views
0

Online press conference juga diikuti Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kamis (15/5/2020) diruang konferenai video Dinas Kominfo dan Perstik Kutim. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Industri dalam negeri yang terdampak virus Corona baru atau COVID-19 mencapai 60 persen. Persoalan ini coba diatasi oleh pemerintah dengan membuat gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia. Launching gerakan nasional  #BanggaBuatanIndonesia oleh Presiden RI, Joko Widodo melalui youtube httsp//.youtube.com.sekretariatpresiden. 

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan gerakan nasional bangga buatan Indonesia,” ucap Kepala Negara yang akrab disapa Jokowi, dilansir RML.ID 

Dalam pemaparannya, Jokowi berharap gerakan ini bisa memacu industri dalam negeri untuk lebih produktif. Pasalnya, pandemi COVID-19 menuntut masyarakat dan negara untuk bisa  memenuhi kebutuhannya secara mandiri.

“Bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri diatas kaki sendiri. Mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri, tantangan dibidang kesehatan maupun tantangan dibidang sosial ekonomi,” sebutnya. 

Usai peluncuran program, agenda selanjutnya online press conference Pukul 11.05 WIB yang mengundang Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia. Dengan narasumber diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama Kusubandio, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Berikutnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erock Thohir dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Dari Kutim, online press conference juga diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Mewakili Bupati Kutim yakni Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, didampingi Kepala Dinas Perdagangan Zaini, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim Muhammad Husaini serta jajarannya, Kamis (15/5/2020) diruang konferensi vidwo Dinas Kominfo dan Perstik Kutim. 

Ditemui usai mengikuti online press conference itu, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang mengatakan melalui gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini memberikan peluang bagi para pelaku UMKM dan jasa  Kutim untuk menciptakan kreativitas.

“Ada juga dampak positif yang bisa diambil ditengah kondisi ini. Yakni ada usaha yang bisa dilakukan meski harus dari rumah saja. Bahkan hingga ketingkat nasional,” tutur Wabup.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim Muhammad Husaini menambahkan, pelaku usaha di Kutim harus mulai melakukan inovasi. Semula offline (luring) maka sekarang mesti online (daring). Apalagi dengan diberlakukannya social distancing dan physical distancing.

Pelaku usaha, lanjut Husaini, juga harus pandai membaca kebutuhan pasar. Misalnya yang tadi produk A bisa bergeser ke produk B, sesuai dengan apa yang diminati masyarakat.

“Dari situasi ini, kemudian muncul pekerjaan bagi mereka yang di PHK (dampak COVID), bisa beralih bisa jadi kurir mengantar produk yang dipesan melalui online tadi,” ucap Husaini. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here