Beranda Infrastruktur Ismu Resmikan Program Tandon Air Bersih BAZNAS

Ismu Resmikan Program Tandon Air Bersih BAZNAS

385 views
0

Bupati Kutim meresmikan Program Tandon Air Bersih BAZNAS. (Ist)

SANGATTA SELATAN – Program pemenuhan air bersih untuk masyarakat merupakan program prioritas Pemkab Kutim melalui kebijakan Bupati H Ismunandar hingga saat ini. Maka dari itu, ia selalu mendukung sinergitas para pihak dalam mewujudkan upaya dimaksud. Progres terbaru, Ismu meresmikan program pemenuhan air bersih di Dusun Airport, Kecamatan Sangatta Selatan, Sabtu (27/6/2020).

Kegiatan dimaksud merupakan bagian dari Zakat Community Development (ZCD), Badan Amil Zakat Nasional Kutai Timur (BAZNAS Kutim). Peresmian turut disaksikan Camat Sangatta Selatan Hasdiah, perwakilan manajemen PT Pertamina EP Sangatta Field, Kadus Airport, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar dusun di Desa Sangkima. 

Bupati Kutim H Ismunandar bersyukur dari program BAZNAS Kutim, Dusun Airport bisa menikmati air bersih. Agar distribusi air semakin lancar, Ismu meminta Camat Sangatta Selatan untuk melengkapi listrik tenaga surya sebagai penggerak pompa. 

“Supaya juga bermanfaat untuk semua, jadi di wilayah dataran tinggi bisa (juga) naik airnya,” kata Ismu sapaan Ismunandar. 

Setelah fasilitas terbangun, Ismu berharap masyarakat bisa turut menjaga dan merawat. Sehingga fasilitas penampungan air tersebut memberikan manfaat yang berkesinambungan.

Tandon yang diberikan untuk penyediaan air bersih di Dusun Airport, Desa Sangkima berukuran 1200 liter, sebanyak 9 buah. Didistribusikan untuk kebutuhan 3 RT yang terdiri dari kurang lebih 150 KK. 

Sebelumnya, Wakil Ketua II BAZNAS Ihsan mewakili Ketua BAZNAS Kutim menyampaikan, program kali ini adalah untuk mengentaskan kemiskinan. Melalui penyediaan air bersih bagi warga dusun Airport, Desa Sangkima. 

Sesuai dengan tupoksinya, BAZNAS Kutim memberikan pelayanan mulai dari pengumpulan zakat, setelah itu penyaluran. Terakhir dijadikan laporan pertanggungjawaban.

“Maka dari itu, kami dalam penyaluran harus tepat sasaran,” ucap Ihsan mengingat amanah dari Bupati Kutim. 

Ihsan menyebut menyejahterakan masyarakat di Kutim dengan prinsip pengelolaan zakat dengan benar sudah menjadi kewajiban pihaknya. Karena merupakan amanah dari muzakki atau seseorang yang terkena kewajiban membayar zakat. Maka dari itu, mewakili jajaran pengurus BAZNAS Kutim, ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan para muzakki. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here