Beranda Entertainment Lomba Cipta Menu B2SA Kutim Semarakan HTN Ke-75 – Ajari Warga Konsumsi...

Lomba Cipta Menu B2SA Kutim Semarakan HTN Ke-75 – Ajari Warga Konsumsi Pangan Alternatif

315 views
0

Kegiatan lomba virtual dibuka Pjs Bupati Kutim Muhammad Jauhar Efendi bersama Pjs Ketua TP PKK Kutim Ny Rina Marlina Jauhar serta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Kutim, diruang Media Center, Dinas Kominfo dan Perstik Kutim. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA– Peringati Hari Tani Nasional (HTN) ke 75, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kutim, menggelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman).  Lomba tersebut diikuti 12 Kecamatan secara virtual, yakni dengan mengirimkan video memasaknya. Kegiatan itu, dibuka Pjs Bupati Kutim Muhammad Jauhar Efendi didampingi Pjs Ketua TP PKK Kutim Ny Rina Marlina Jauhar serta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Kutim, diruang Media Center, Dinas Kominfo dan Perstik Kutim, Kamis (1/10/2020). 

Pjs Bupati Kutim Jauhar Efendi ditemui usai kegiatan virtual itu mengatakan lomba Cipta Menu B2SA itu menjadi upaya memanfaatkan keanekargaman pangan yang ada. Dia menilai Kutim memiliki keberagaman pangan yang bisa dikelola menjadi makanan alternatif. 

“Sesungguhnya pangan kita ini banyak. Cuma kebiasaan masyarakat kita, kalau tidak makan nasi, seakan-akan itu belum makan. Padahal kebutuhan makanan itu bisa dari berbagai jenis pengan. Seperti umbi-umbian, singkong, talas dan lain-lain,” ucap Jauhar.

Oleh karena itu, sambung Jauhar, kegiatan lomba cipta menu ini menjadi langkah awal untuk menjaga ketersediaan pangan agar tercukupi. Sebab, kebutuhan beras Kutim baru tercukupi 43 persen, sedangkan 57 persen didatangkan dari luar. 

“Kalau kita tak bisa menganekaragamkan pangan maka kita perlu mengeluar banyak uang untuk membeli beras. Bisa digunakan untuk membeli kebutuhan yang lainnya,” tuturnya. 

Lebih jauh Jauhar berharap, melalui festival pangan ini bisa merubah pola makan masyarakat. Sebab, makanan yang sehat itu tidak hanya selalu tersedia dari beras. Karena ada bahan pangan lain yang memiliki fungsi sama dengan beras. Seperti singkong, ubi, jagung talas dan lainnya. Untuk itu dia berharap para pengurus PKK di Kecamatan bisa selalu memberikan pembinaan kepada kader-kader di perdesaan/kelurahan. 

“Sehingga bisa menganekaragkam bahan makanannya,” harap mantan Karo Humas Protokol Pemprov Kaltim tersebut.

Diakhir lomba cipta menu kali ini, keluar sebagai juara 1 adalah Kecamatan Muara Wahau, Juara 2 Kecamatan Sangkulirang dan Juara 3 Kecamatan Kaliorang. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here