Beranda Kutai Timur ASN Kutim Bakal Mendapat Pendampingan Hukum

ASN Kutim Bakal Mendapat Pendampingan Hukum

96 views
0

Wabup Kasmidi Bulang. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Guna memperluas pengetahuan dan wawasan di bidang hukum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Kutim, KOPRI Kutim menggelar Sosialisasi Pelayanan Pendampingan Hukum ASN. Sosialosasi dilaksanakan di ruang Meranti, Kantor Setkab Kutim, Rabu (16/6/2021) pagi. 

Melalui sosialisasi ini, diharapkan ASN semakin sadar bahwa pemahaman terhadap hak dan kewajiban hukum sangatlah penting. Demi terciptanya good governance di lingkungan Pemkab Kutim. Kegiatan yang dibuka Wabup Kutim Kasmidi Bulang ini menghadirkan narasumber advokat dan legal consultant Yulius Patanan. Acara juga turut dihadiri Seskab Kutim H Irawansyah, Sekretaris Diskominfo-Perstik Kutim Ronny Bonar Siburian, Plt Kadisnaker Sudirman Latif, Danlanal Sangatta I Komang Nurhadi dan undangan lainnya. 

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mewakili Bupati dihadapan peserta mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi upaya KOPRI untuk memberi pemahaman hak dan kewajiban serta perlindungan hukum setiap ASN. Karena memang ASN mempunyai hak dan batasan. 

“Kita juga tak mau tiba-tiba ASN kita ditangkap, karena tidak adanya sosialisasi dan sebagainya. Hal itu yang kita harus bisa pahami,” sebutnya.

Sebelumnua Ketua Panitia Sosialisasi, H Diar Wiranata menjelaskan, guna mendukung upaya pendampingan hukum bagi ASN Kutim, Dewan Pengurus KOPRI Kutim telah bekerja sama dengan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin). Dengan membentuk Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) KORPRI.

“LKBH KORPRI berfungsi, memberikan layanan hukum bagi anggota KOPRI atau ASN secara gratis,” ujar Diar yang juga menjabat Sekretaris KOPRI Kutim. 

Adapun produk hukum yang dimaksud antara lain konsultasi hukum perdata dan pidana, mediasi hukum perdata. Penyuluhan hukum perdata dan pidana serta pendampingan saat penyidikan hukum perdata dan pidana.

“Kasus hukum yang disebutkan tidak hanya kasus yang berkaitan dengan pekerjaan, namun juga meliputi permasalahan hukum yang bersifat personal atau pribadi,” jelasnya. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here