Beranda Sosial & Kesehatan 71 Balita Kaliorang di Wisuda – Karena Rutin Ke Posyandu, Masuki...

71 Balita Kaliorang di Wisuda – Karena Rutin Ke Posyandu, Masuki Masa Pra Sekolah

314 views
0

Momen wisuda para balita di Gedung Serba Guna Desa Citra Manunggal Jaya. (Ist)

KALIORANG – Jika siswa TK, SD, SMP, SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi di wisuda tentu sudah biasa. Di Kaliorang, ada yang berbeda, wisudawan dan wisudawatinya adalah para balita. Prosesi wisuda bagi para balita ini mungkin menjadi yang pertama di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) atau Kalimantan Timur (Kaltim) umumnya. Jangan bingung dulu, prosesi wisuda balita ini merupakan bentuk penghargaan bagi balita yang rutin menimbang di Posyandu. Pastinya menjadi penanda berakhirnya masa balita karena beranjak ke masa pra sekolah.

Sejak pukul 07.00 WITA, Gedung Serba Guna Desa Citra Manunggal Jaya, Kaliorang sudah tampak penuh dengan balita yang akan diwisuda. Lengkap dengan pakaian toga, didampingi orang tuanya masing masing. Walaupun kegiatan belum dimulai, antusiasme orang tua wisudawan/wisudawati sudah terlihat. Mereka sibuk melakukan foto- foto diarea gedung.

“Kegiatan wisuda balita ini bertujuan untuk meningkatkan semangat orang tua dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya di Posyandu,” kata Kepala UPT BLUD Puskesmas Kaliorang, Sumarno, Rabu (15/1/2020) kemarin.

Prosesi wisuda diikuti 71 balita se-Kaliorang. Para tamu dan orang tua yang hadir rata-rata menyampaikan apresiasi terhadap inovasi UPT BLUD Puskesmas Kaliorang tersebut. Karena belum pernah diterapkan di kecamatan lain di Kutim. Menanggapi hal tersebut, Sumarno berharap kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin. Walaupun tidak disertai anggaran dari pemerintah, namun bisa dikerjakan dengan melibatkan stakeholder yang ada.

Marno, sapaan akrab Sumarno tak lupa mengucapkan terima kasih kepada PT Indexim Coalindo dan PT Kalimantan Prima Persada yang telah berkontribusi dalam acara wisuda balita kali ini. Prosesi unik bidang kesehatan ini turut disaksikan Camat Kaliorang dan jajarannya, Babinsa, Kepala KUA, Kepala UPT Pendidikan, Ketua PKK Kecamatan dan Desa, Kepala Desa se Kecamatan Kaliorang serta Kader Posyandu dan Kader Desa Siaga. Setidaknya ada sekitar 270 orang memenuhi tempat acara.

Camat Kaliorang Ridwan pada kesempatan tersebut turut menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati balita. Selanjutnya menyampaikan pesan kepada para orang tua anak agar bisa mengawal tumbuh kembang anaknya masing-masing.

“Jangan pernah berhenti sampai disini, dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena mereka adalah masa depan bangsa.,” Ridwan. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here