Beranda Entertainment Tunggu Penetapan APBD Perubahan, PDAM TTB Kutim Siap Gratiskan Air 3 Bulan

Tunggu Penetapan APBD Perubahan, PDAM TTB Kutim Siap Gratiskan Air 3 Bulan

105 views
0

Direktur PDAM TTB Kutim Suparjan. Foto: Dok/Pro Kutim

SANGATTA – Direktur PDAM Tirta Tuah Benua (TTB) Kutim Suparjan mengatakan jika pencanangan subsidi pembayaran air PDAM berdasarkan instruksi Pemkab Kutim sebesar Rp 200 ribu per bulan bagi pelanggan masyarakat kelas bawah masih menunggu penetapan hasil akhir pembahasan APBD Perubahan Tahun 2021.

“Kami masih menunggu penetapan daripada APBD Perubahan yang masih dalam proses pembahasan di DPRD Kutim. Kami pun memiliki harapan besar subsidi pembayaran air ini dapat diterapkan,” terangnya.

Ia menjelaskan jika subsidi ini akan berlangsung selama tiga bulan yakni bulan Oktober, November dan Desember 2021. Namun ada kriterianya yakni pelanggan yang memiliki tagihan di bawah atau sama dengan Rp 200 ribu maka akan digratiskan. Namun apabila total tagihan lebih dari Rp 200 ribu, maka pihaknya akan memberikan potongan jumlah tagihan sesuai dengan nominal subsidi.

“Subsidi itu sampai Rp 200 ribu. Jika tagihannya di bawah, otomatis kan gratis. Kalau tagihan pelanggannya di atas Rp 200 ribu, berarti tinggal membayar lebihnya,” ucapnya.

Berdasarkan data yang ada di PDAM, beberapa golongan yang mendapat subsidi berasal dari golongan pelanggan menengah ke bawah.

“Ada golongan sosial, golongan rumah tangga I,II, III dan usaha kecil seperti warung-warung dan kios-kios yang terdampak pandemi Covid-19,” ucapnya.

Suparjan menegaskan subsidi sesuai dengan arahan Bupati Kutim yang diberikan kepada masyarakat bersifat kemanusiaan sehingga warga berhak menerima manfaat yang diberikan.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here