Beranda Kutai Timur SJC, Siap Beri Ilmu dan Pengetahuan Alam Bebas

SJC, Siap Beri Ilmu dan Pengetahuan Alam Bebas

157 views
0

Ketua Kompak Armin. (Irfan Pro Kutim)

SANGATTA – Pertama kali digelar di Kutim, Sangatta Jungle Camp (SJC) gawean Komunitas Pecinta Alam Kutim (Kompak) siap digelar pada Jumat (10/12/2021) hingga Minggu (12/12/2021) mendatang di Kawasan Dusun Rindang Benua Kecamatan Sangatta Selatan di Jalan Poros Sangatta Bontang Kilometer 11. Selain menjadi sarana berbagi pengalaman para pecinta alam, kegiatan ini juga sebagai sarana promosi wisata alam yang dimiliki Kutim.

Ketua Kompak Armin mengatakan SJC akan menggeber dua kegiatan yakni pendidikan dasar (diksar) pecinta alam dan camping ceria. Nah, khusus diksar pecinta alam para peserta akan mendapatkan langsung ilmu dari pemateri yang berkompeten di bidangnya. Pemateri berasal dari organisasi pecinta alam yang sudah dikenal dan berpengalaman di dunia outdoor dimulai dari Anggota Wanadri Donny Saluling, Alumnus Mapalasta UIN Alauddin Makassar Thalib, Alumnus Mapala Unismuh Makassar Ramlan, Alumnus Mapala Gearbox Edwin Endra, Recscuer Dwi Subkhan dan KPA Macan Rimba Ipul. Kegiatan langsung dipandu oleh moderator dari SAR Unit Unhas Makassar Aidin Lajumahidin.

“Materi yang diberikan ada persiapan perjalanan alam terbuka (PPAT), survival, navigasi darat, susur goa, penanggulangan penderita gawat darurat (PPGD) hingga penanganan gigitan ular. Sebagian besar memang materi tentang di alam bebas untuk peserta SJC,” tegasnya kepada Pro Kutim.

Ditegaskan Armin, tujuan dari SJC tentunya akan melatih peserta mencakup aspek mental, fisik dan pengetahuan.

“Aspek mental mencakup sifat-sifat berani, tabah, ulet, jujur, kebersamaan dan sikap peduli terhadap lingkungan hidup. Aspek fisik mencakup pembinaan fisik, baik pada saat kondisi normal maupun kritis dan aspek pengetahuan mencakup peningkatan wawasan serta pengetahuan tentang kegiatan petualangan di alam bebas,” bebernya.

Disinggung memilih Kawasan Dusun Rindang Benua Kecamatan Sangatta Selatan, Armin menegaskan jika pihaknya memilih daerah ini karena suasana hutannya yang masih alami dan tidak terlalu jauh dengan Kota Sangatta.

“Tempatnya juga luas dan repsentatif menjadi lokasi kegiatan SJC didukung atmosfer hutan yang masih terjaga cocok untuk melakukan kegiatan outdoor,” ulasnya.

Nantinya pembukaan SJC akan dilepas oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang di Lapangan Halaman Depan Kantor Pemkab Kutim pada Jumat (10/12/2021) dengan menyerahkan secara simbolis syal peserta SJC yang diwakili oleh dua orang. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here