Beranda Kutai Timur Festival Sekerat Nusantara Dimulai ! – Promosi Wisata Kutim Dikombinasikan Ekraf

Festival Sekerat Nusantara Dimulai ! – Promosi Wisata Kutim Dikombinasikan Ekraf

350 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman didampingi beberapa pejabat saat membuka Festival Sekerat Nusantara di Pantai Sekerat, Kecamatan Bengalon (foto Hasyim Pro Kutim)

BENGALON- Festival Sekerat Nusantara, di Pantai Sekerat, Kecamatan Bengalon akhirnya resmi dimulai. Ditandai pemukulan gong oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman, Minggu (17/7/2022). Letusan kembang api di udara menambah meriahkan festival ekonomi kreatif yang bakal berlangsung hingga 23 Juli 2022 nanti.

Ketua Panitia Festival Sekerat Nusantara Suharto melaporkan, festival ini banyak melibatkan pelaku UMKM dari banyak kecamatan. Termasuk dari luar daerah seperti Samarinda. Dirangkai Pelas Laut dan dimeriahkan balap kapal, pentas seni, pagelaran kebudayaan hingga lomba tradisional.

“Lomba balap kapal diikuti peserta dari Samarinda, Balikpapan, Muara Badak, Bengalon dan lainnya,” jelas Suharto.

Sementara itu Kades Sekerat Sunandhika menjelaskan, dengan adanya kegiatan festival ini akan membangkitkan UMKM di Sekerat dan Kutim pada umumnya. Membangkitkan perekonomian pascapandemi COVID-19.

“Sekaligus mempromosikan potensi keindahan Pantai Sekerat. Walaupun sayangnya belum didukung kurang maksimalnya infrastruktur pendukung,” sebutnya.

Maka dari itu, Kades muda tersebut berharap dukungan Pemkab Kutim untuk meningkatkan kebutuhan dasar di daerah Sekerat. Seperti listrik PLN yang belum hadir hingga kini. Sebab warga masih bergantung pada listrik desa, menggunakan dompeng yang operasionalnya gotong royong dan bantuan perusahaan. Berikutnya infrastruktur jalan dan lainnya.

“Festival ini digagas dari kerja sama dan gotong royong masyarakat dan didukung perusahaan. Jadi seluruhnya tak menggunakan dana APBD,” tegasnya.

Berikutnya Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman menegaskan telah memerintahkan Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan lainnya, agar festival tahun depan dilaksanakan dengan lebih meriah. Dengan mengundang Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menpar Ekraf). Karena menteri bersangkutan agresif mengembangkan pariwisata dikombinasikan dengan UMKM.

“Nanti dirancang lebih baik agar bisa dipresentasikan kepada Menteri. Dengan kegiatan Festival Sekerat Nusantara, tentunya dimeriahkan festival budaya, kesenian, pentas musik dan lainnya, ke depan bisa ditambah olahraga tradisional, memberikan peluang kepada UMKM, home industry untuk terus meningkatkan perekonomian,” ujar Ardiansyah disaksikan Ketua DPRD Kutim H Joni.

Dia mengharapkan Pantai Sekerat bisa terus berkembang. Selanjutnya menjawab aspirasi yang disampaikan Kades Sekerat, Ardiansyah mengaku sudah memerintahkan DPU untuk menyiapkan program pembangunan jalan dengan menggunakan ABPD Perubahan. Jika belum maksimal dibangun sepanjang 15 kilometer, Ardiansyah menyarankan agar dimaksimalkan melibatkan perusahaan. Pastinya dengan peningkatan infrastruktur, festival ini bisa terus berkembang.

Karena masih masa pandemi COVID-19, Bupati mengingatkan agar warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab acara seperti ini pasti menarik banyak masyarakat untuk datang. Menjaga kebersihan bersama di Pantai Sekerat. Khususnya sampah plastik dan lainnya yang sulit terurai. Dia menyarankan, khusus sampah plastik agar dikumpulkan untuk dijual ke bank sampah dengan harga Rp 2000 per kilogram. 

Agar Pantai Sekerat semakin asri dan hijau, Ardiansyah mengaku sudah berdiskusi dengan PT KPC untuk melakukan penanaman pohon di zonasi yang ditentukan. Sebagai contoh nama yang menanam pohon diletakkan ditiap-tiap pohon yang ditanam. Agar menjadi kebanggaan. Terakhir ia mengajak masyarakat hadir dan menikmati Festival Sekerat Nusantara. 

“Terakhir tahun 2024 akan ada Sail Sangkulirang yang akan diramaikan parade kapal dengan melibatkan kapal-kapal dari banyak negara,” kata Ardiansyah yang mengaku bangga pada masyarakat yang bersemangat menumbuhkan ekonomi kreatif.

Setelah pembukaan, Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan Kadispar Kutim tentang Pengukuhan Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sekerat Jaya Mandiri, Desa Sekerat, Bengalon Periode 2022-2027. Diketuai Saiful Bahri dengan 18 pengurus. 

Sebelum membuka kegiatan, siang harinya Bupati Kutim didampingi Wabup Kasmidi Bulang, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Anggota DPRD Kutim Asmawardi, pejabat lingkup Pemkab Kutim, Camat Bengalon, Kades Sekerat, pemangku adat dan warga melarung Perahu Naga ke laut. Dalam prosesi Pelas Laut. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini