Beranda Kutai Timur Bupati Tinjau Empat Posyandu di Sangatta Utara – Sukseskan AGAS dan Bulan...

Bupati Tinjau Empat Posyandu di Sangatta Utara – Sukseskan AGAS dan Bulan Vitamin A di Kutim

226 views
0

Suasana peninjauan ke posyandu untuk memantau kelancaran pelaksanaan bulan timbang dan vitamin A di ibu kota kabupaten. (Fuji Pro Kutim)

SANGATTA- Kegiatan bulan timbang dan vitamin A, di Kutai Timur (Kutim) mendapatkan perhatian dari Bupati H Ardiansyah Sulaiman. Buktinya, Senin (8/8/2022) pagi, sejak pukul 08.30 WITA, orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut rela berkeliling Kota Sangatta untuk meninjau beberapa Posyandu, memantau kelancaran pelaksanaan bulan timbang dan vitamin A di ibu kota kabupaten.

Ada empat Posyandu yang dikunjungi Bupati beserta istri yang juga Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah. Pertama Posyandu Sakura di Gang Belimbing. Ditempat ini Bupati menyempatkan waktu menyampaikan beberapa arahan dan memberikan vitamin A kepada seorang balita.

“Mengawal tumbuh kembang anak balita penting bagi setiap orang tua. Maka dari itu sudah seharusnya kita (orang tua), membawa anak-anak (balita) kita untuk pergi ke Posyandu untuk menimbang anak sekala berkala,” kata Bupati.¬†

Sekaligus menyukseskan bulan vitamin A. Demi menjaga tumbuh kembang balita. Sehingga tidak sampai terjadi stunting karena kecukupan gizi anak-anak. Di tempat ini, Ardiansyah juga sempat berdialog dengan petugas posyandu dan ibu-ibu yang sedang memeriksakan anaknya.

Ardiansyah mengatakan, Kutim sering dinilai Pemerintah Pusat memiliki angka stunting yang tinggi. Padahal hanya dilihat berdasarkan persentase bukan dinilai dari data konkret. Kendati demikian, Ardiansyah tetap memberi perhatian lebih untuk program penanganan stunting di Kutim. Caranya adalah menangani stunting berdasarkan data “by name by adress” atau berdasarkan nama dan alamat. Agar masalah stunting bisa diatasi dan ditangani tepat sasaran.

Selesai dari Posyandu Sakura, Ardiansyah didampingi beberapa pejabat seperti Kepala DPMDes Yuriansyah, Kadinkes dr Bahrani, Camat Sangatta Utara Hasdiah, perwakilan Forkopimda, perwakilan BKKBN Kaltim serta jajaran DPPKB Kutim dan lainnya bergegas ke Posyandu Mawar di Gang Damai dan Posyandu Bina Sehat di Gang Anoa Kampung Tator. Sama seperti sebelumnya, di dua tempat tersebut Bupati juga melalukan hal serupa. Memastikan kegiatan khusus untuk kesehatan balita ini berjalan lancar. Terakhir, kunjungan Bupati adalah ke Posyandu Tulip di Jalan Munthe 1/2 yang dijadikan lokasi utama peluncuran kegiatan Aksi Gerak Cepat Atasi Stunting (AGAS).

Penting diketahui, mencegah stunting bisa dengan cara mencukupi gizi yakni air susu ibu (ASI) dan makanan pendamping. Berikutnya melengkapi imunisasi dan memperbaiki sanitasi. Seperti air bersih, jamban sehat serta cuci tangan pakai sabun. Program cukup gizi dilakukan melalui 10 tahapan. Yaitu satu, ibu hamil malah lebih banyak dari biasanya. Dua, mengonsumsi tablet tambah darah. Tiga, melakukan inisiasi menyusui dini, empat mengatasi kekurangan yodium dan perbaikan sanitasi. Lima, ASI eksklusif 0-6 bulan. Enam, pemberian ASI hingga 23 bulan dengan makanan pendamping. Tujuh, menanggulangi kecacingan. Delapan, memberikan imunisasi dasar lengkap, sembilan akses terhadap air bersih. Sepuluh, menggunakan jamban bersih. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here