Beranda Entertainment Objek Wisata Air Panas Batu Lepoq Karangan Tak Pernah Sepi

Objek Wisata Air Panas Batu Lepoq Karangan Tak Pernah Sepi

525 views
0

Wisata Objek Wisata Air Panas yang terletak dipinggir jalan Desa Batu Lepoq Kecamatan Karangan, nampak sejumlah wisatawan lokal menikmati kolam permandian. Foto: Adi Sagaria Pro Kutim

KARANGAN – Potensi wisata alam di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur menyimpan ratusan keindahan dan keunikan objek wisata. Salah satunya air panas alami di Desa Batu Lepoq di Kecamatan Karangan. Air yang memiliki suhu panas sepanjang masa karena dialiri air panas bumi yang diperkirakan berasal dari Gunung Beriun, bagian dari Karst Sangkulirang.

Camat Kecamatan Karangan Madnuh mengatakan, kolam air panas yang berada dipinggir jalan Desa Batu Lepoq, tidak pernah sepi pengunjung atau wisatawan.

Madnuh Camat Kecamatan Karangan

“Meskipun tidak terlalu ramai, namun tidak pernah sepi pengunjung. Mereka datang menikmati permandian air panas Batu Lepoq,” kata Camat Madnuh, Kamis (4/5/2023).

Menurut Camat, wisatawan lokal Karangan maupun dari luar daerah tiap hari ada saja yang datang. Untuk menikmati suasana asri alam sekitar maupun menikmati mandi-mandi air panas. Hal itu tak lain dikarenakan lokasinya yang begitu strategis dan berada dipinggir jalan. Sehingga memudahkan warga untuk mengakses tempat wisata dimaksud.

“Sambil lewat saja, kemudian istrahat di warung sekitar, bisa langsung mandi sampai puas tidak dibatasi,” kata Camat Madnuh lagi.

Wisatawan yang ingin mandi air panas juga tidak dipungut biaya, semuanya gratis. Karena hingga kini tempat wisata alam tersebut belum dikelola secara professional. Namun oleh warga dibuatkan kota sumbangan sukarela untuk biaya perawatan dan kebersihan.

“Kotak akan disimpan warga yang membersihkan lokasinya, tetapi tidak ditentukan, berapa saja diisi ke kotak. Itu untuk biaya kebersihan kolam dan sekitarnya,” ujarnya.

Camat menambahkan, bahwa sumber air panas di Batu Lepoq jika dikelola dengan baik pasti mendatangkan manfaat. Khususnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Seperti tempat istirahat yang dilengkapi dengan toilet representatif tentunya akan membuat lokasi pemandian semakin menarik bagi wisatawan. Tetapi pihaknya bersama warga tetap memberi perhatian pada pengelolaan sementara objek wisata air panas tersebut agar menjadi lebih menarik. (kopi8/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini