Beranda Pendidikan Mahasiswa Stienus Libatkan DPAD – Sosialisasikan Program ABB di Sangkima

Mahasiswa Stienus Libatkan DPAD – Sosialisasikan Program ABB di Sangkima

326 views
0

Mahasiswa Stienus bersama  anak SD membaca buku.(Foto: Hasyim Humas)

SANGATTA- Beberapa waktu lalu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara (Stinus) Sangatta bergerak melaksanakan program berdampak positif pada masyarakat. Melalui program KKN ke VIII, mahasiswa Stinus Sangatta bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menyosialisasikan program “Ayo Baca Buku” (ABB). Sasaran sosialisasi waktu itu adalah Desa Sangkima dengan menyisir sekolah-sekolah yang tersebar di desa tersebut. Seperti SMP 2, SD 005, SD 006, 009, dan SD 013.

Kepala Sekolah SD 005 Desa Sangkima, Fadli mengatakan program jemput bola ini sangat bermanfaat bagi anak-anak didiknya. Apalagi kegiatan seperti ini belum pernah dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya.

“Membaca buku dilingkup sekolah lebih mudah, sebab anak didik kami berjumlah 140 siswa-siswi termasuk sekolah filial yang ada di Dusun Sungai Tabuan Desa Sangkima mudah dipantau,” ungkap Fadli.

Pada tahun-tahun sebelumnya, anak-anak diminta hadir di Kantor Desa. Karena mobil perpustakaan yang disediakan untuk menyukseskan program gembar membaca ini hanya diparkir di Kantor Desa. Namun berkat dukungan anak-anak KKN ke VIII Stienus Sangatta, program ABB ini bisa langsung ke sekolah.

Menurut Sinta Afrilia, Koordinator Program KKN wilayah Sangkima, program ABB sangat baik digalakkan kembali. Apalagi yang bersifat jemput bola. Artinya langsung mendatangi sekolah karena minat baca siswa sangat tinggi. Selain materi bacaan yang bervariasi, mahasiswa KKN ke VIII juga menyerahkan binkisan cendera mata guna memotifasi anak-anak untuk terus belajar dan berkarya.

“Membaca (jadi) salah satu cara membuka wawasan guna mengetahui perkembangan yang terjadi di seluruh dunia. Agar dapat mengikuti perkembangannya,” jelas Sinta Afrilia.

Untuk diketahui di Kecamatan Sangatta Selatan, khususnya Desa Sangkima terdapat banyak sekolah. Mulai dari SMP 2, SDN 006 terdapat di Dusun Patra Jaya, SD 005 Dusun Sangkima, SDN 009 Dusun Air Port dan SD 013 Dusun Teluk Lombok. Menaungi 560 siswa-siswi mulai SD sampai dengan SMP. (*/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini