Beranda Kutai Timur Tidak Relevan Bahasa Mandarin, Disnakertrans Kutim Diminta Tarik Lowker KC

Tidak Relevan Bahasa Mandarin, Disnakertrans Kutim Diminta Tarik Lowker KC

459 views
0

Aktivitas alat berat di wilayah konsesi pertambangan PT KC di Desa Sekerat. (Ist)

BENGALON – Viral informasi lowongan kerja (lowker) PT Kobexindo Cement (KC) dengan Nomor 102/PT.KC-HR/V/2021 yang ditujukan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Timur (Kutim) di media sosial (medsos) menjadi perhatian Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Ia akan segera meminta Disnakertrans Kutim untuk menarik informasi lowker tersebut dinilai tidak relevan, salah satu syaratnya harus menguasai bahasa Mandarin.

“Saya minta Disnakertras Kutim merevisi lowker ini. Jika mereka minta syarat masyarakat untuk bahasa Mandarin tidak ada hubungannya karena bukan tenaga kerja yang kita kirim ke China,” jelas Ardiansyah Sulaiman dilansir dari insitekaltim.com, Senin (7/6/2021).

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Disnakertrans Kutim Sudirman Latif menegaskan pihaknya dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi dengan PT KC.

“Kami akan segera menghubungi pihak perusahaan untuk mempertanyakan persyaratan yang harus menggunakan bahasa Mandarin, sesuai isi surat yang ditujukan ke Disnakertrans Kutim,” tegasnya.

Sebelumnya, informasi lowker PT KC membutuhkan 20 tenaga kerja di antaranya operator compact (SIO, 2 posisi), operator loader (SIO, 4 posisi), sopir fuel-truck SIM A dan B (1 posisi), operator mixer (3 posisi/menguasai bahasa Mandarin), operator forklift (4 posisi), operator mesin agregat (3 posisi/ menguasai bahasa Mandarin) dan pengawas batching plant (3 posisi).

Di antara beberapa posisi tersebut terdapat 2 jenis pekerjaan yang mencantumkan persyaratan menguasai bahasa Mandarin yaitu operator mixer dan operator mesin agregat.(hms13/hms3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here