Beranda Entertainment 17 Peserta UKW ke XXV PWI di Kutim Dinyatakan Kompeten

17 Peserta UKW ke XXV PWI di Kutim Dinyatakan Kompeten

284 views
0

Para peserta UKW Angkatan XXV dengan seksama memperhatikan arahan penguji di hari kedua. Foto: Irfan/Pro Kutim

SANGATTA – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXV PWI Kutim, bekerja sama dengan PWI Kaltim yang digelar di D’Lounge Hotel Royal Victoria, akhirnya berakhir, Kamis (9/12/2021). Ujian profesi ini menghasilkan wartawan kompeten jenjang muda sebanyak 11 orang dan jenjang madya 6 orang.

Hasil ini diumumkan langsung oleh perwakilan penguji UKW Machmud Suhermono dari PWI Jatim. Pria dengan kepala plontos ini melaporkan, bahwa seluruh peserta angkatan terakhir rangkaian UKW PWI Kaltim pada tahun 2021 ini ada 17 peserta yang dinyatakan kompeten.

“Selamat kepada peserta UKW yang sudah berkompeten. Pesan saya selalu menjaga marwah PWI dan tetap tidak sombong,” tegasnya disaksikan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra, Ketua PWI Kutim Ibnu Djuraid, Sekretaris PWI Kutim Wardi, Bendahara PWI Kutim Irfan dan para peserta UKW Angkatan XXV.

Ia menambahkan, wartawan harus berpacu dalam profesionalisme. Terkait bagaimana meningkatkan kualitas kerja sebagai jurnalis dan dituntut profesional.

“Perhatikan tulisan dalam pembuatan berita. Sebab di situ nilai lebihnya sebagai seorang jurnalis. Jangan puas dengan tingkatan saat ini, mulai dari wartawan (muda) hingga redaktur (madya),” ujarnya.

Sementara itu, penguji UKW muda yang juga Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie meminta agar wartawan yang sudah kompeten bisa menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Kemudian menjaga nama baik penguji serta amanah di mana pun bekerja. Hal terpenting lainnya, setelah dinyatakan kompeten, wartawan juga harus bisa menjaga ruh KEJ dan lebih profesional serta proporsional. Berkualitas sesuai dengan tingkatannya.

“Kalau yang kelas muda, harus lebih baik cara wawancara dan menulis berita. Mengantarkan perusahaan menjadi semakin baik, serta bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Sementara di madya, para redaktur harus bisa mengontrol dan mempunyai tanggung jawab dalam menangkap isu dalam penyuntingan berita. Jadi harus benar-benar mempertajam kualitas,” tegasnya.

Kini PWI Kutim diisi pengurus dan anggota dengan wartawan kompetensi utama sebanyak 3 orang, madya 9 orang dan muda 11 orang. (hms13/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini