Beranda Entertainment Ini Tujuh Program Unggulan Bainahum Pimpin Kaliorang

Ini Tujuh Program Unggulan Bainahum Pimpin Kaliorang

421 views
0

Camat Kaliorang Bainahum. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

KALIORANG – Camat Kaliorang Bainahum mengusung tujuh program unggulan, untuk mempercepat pemerataan pembangunan di Kecamatan Kaliorang. Tujuh program dimaksud akan digeber pada 2022 nanti. Hal tersebut disampaikan Bainahum disampaikan saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Jumat (3/12/2021).

Pertama, program yang bakal dilaksanakan adalah perbaikan infrastruktur jalan psepanjang 12 kilometer yang ada di Poros Kaliorang. Khususnya di area yang masih jadi salah satu kendala utama masyarakat dalam melakukan aktifitas. Guna mendukung akktivitas mayoritas warga petani setempat. Dalam mendistribusikan hasil perkebunan. Sekaligus mendukung roda perekonomian yang ada di Kecamatan Kaliorang.

“Kita lihat banyak lobang di mana-mana dan sudah menelan banyak korban. Tahun depan akan kami perbaiki, minimal kami ratakan dengan agregat dulu,” ucapnya.

Pendataan penduduk secara komprehensif merupakan program yang menjadi fokus Bainahum selanjutnya. Dengan kondisi di wilayah Kaliorang dikelilingi banyak perusahaan, sebagian besar tenaga kerja yang ada berasal dari luar daerah. Sehubungan hal itu, pihaknya akan mewajibkan seluruh perusahaan agar melaporkan jumlah karyawannya. Guna mengantisipasi terjadinya hal- hal yang tidak diinginkan.

“Banyak data yang masih simpang siur. Maka akan kami benahi kekurangan tersebut. Apalagi kKami (Kecamatan Kaliorang) ditetapkan Disdukcapil sebagai salah satu pilot project dalam pendataan penduduk dan catatan sipil untuk wilayah pesisir,” imbuhnya

Kemudian, pelayanan pemerintahan menjadi salah satu area yang akan ditingkatkan kualitasnya. Mulai dari desa sampai dengan tingkat kecamatan. Agar mampu bersinergi mengawal program Pemkab Kutim serta mampu memberikan pelayanan secara maksimal kepada warga.

Pemerataan jaringan aliran listrik disemua wilayah menjadi program yang juga masuk skala prioritas putra asli Kaliorang tersebut. Sebab beberapa desa yang ada belum bisa menikmati layanan listrik. Pihaknya telah berkoordinasi dengan PT PLN dan diharapkan Kaliorang bisa masuk dalam program pengembangan jaringan perusahaan “plat merah” tersebut.

“Diharapkan pada tahun 2022 ini, semua desa yang ada sudah bisa menikmati (listrik). Makanya (program) ini yang akan kami kejar,” imbuhnya.

Selanjutnya guna mempercepat tujuan program pembangunan, pihaknya akan terus bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak (perusahaan) swasta yang ada di wilayah Kaliorang.

“Perusahaan itu jangan hanya numpang hidup di daerah kami, tetapi mereka juga harus menghidupkan daerah kami,” tegasnya.

Terakhir yang menjadi program unggulan lainnya adalah mengusulkan pemekaran desa Sembulok Mandiri yang masuk dalam wilayah desa Kaliorang. Pemekaran tersebut harus dilakukan, karena wilayah desa tersebut yang begitu luas.

Pemekaran desa tersebut, sambung Bainahum, bertujuan agar bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mempercepat pembangunan desa. Langkah-langkah pun sudah mulai dijalankan memuluskan program dimaksud. Antara lain membentuk panitia.

“Tinggal pengukuran luas wilayah yang belum dan dalam waktu dekat ini akan segera kami kerjakan,” imbuhnya

Dari tujuh program yang akan menjadi fokus pada tahun 2022, dia berharap bisa mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder yang ada. Sehingga pemerataan pembangunan disegala aspek di kecamatan Kaliorang bisa segera terwujud. (hms8/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini