Beranda Entertainment Layanan Air Bersih Meningkat, Kutim Raih Perpamsi Award 2021

Layanan Air Bersih Meningkat, Kutim Raih Perpamsi Award 2021

144 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Direktur PDAM TTB Kutim Suparjan saat menerima Tropi Perpamsi Award 2021. Foto: Ahyar/Dokpim

SANGATTA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua (TTB) Kutim mencatatkan prestasi terbaik di tingkat nasional. Pemkab Kutim mendapatkan penghargaan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Award 2021 atas kinerja BUMD Air Minum (AM) Sehat dengan Dukungan dan Komitmen Penyertaan Modal Daerah.

Selain Kutim, ada tiga daerah lain yang juga menerima kategori yang sama yakni dari BUMD AM Pematang Siantar, BUMD AM Sukabumi dan BUMD AM Yogyakarta.

Penghargaan Perpamsi Award 2021 tersebut diterima langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Direktur PDAM TTB Kutim Suparjan dari Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Auditorium The Sunan Hotel Solo, Rabu (8/12/2021).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan hasil dari penghargaan dari pusat ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam melayani kebutuhan dasar hajat hidup masyarakat yakni air bersih.

“Komitmen ini kita implementasikan ke dalam pelayanan air bersih di seluruh kecamatan di Kutim,” ujarnya kepada Pro Kutim.

Ia pun juga turut memberikan apresiasi kinerja seluruh karyawan PDAM yang telah bekerja keras dan baik sehingga mendapatkan penghargaan Perpamsi Award 2021 ini.

“Tentunya ke depan penghargaan ini akan menambah motivasi seluruh jajaran PDAM TTB Kutim untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang penyediaan air minum. Capaian pelayanan air bersih harus segera dikebut,” tegasnya.

Untuk diketahui, selain penghargaan Perpamsi Award 2021, panitia pelakana juga menggelar Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) ke-XIV. Agenda utama pesta demokrasi para tukang ledeng tersebut juga untuk memilih ketua umum. Tema yang diangkat dalam Mapamnas kali ini adalah Ketahanan Iklim dan RPAM Menjamin Pasokan Air Aman 2024.

“Lewat Mapamnas, kami berharap akan terpilih ketum baru yang mampu membawa Perpamsi lebih maju ke depan,” ujar Ketua Umum Perpamsi Rudie Kusmayadi dalam konferensi pers.

Ia mengatakan dalam kegiatan ini dihadiri oleh para pemilik hak suara yang tercatat sebagai anggota Perpamsi. Saat ini, total anggota Perpamsi sebanyak 422 penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Untuk perinciannya, lanjut dia, ada 401 BUMD air minum/PDAM berbentuk Perumda dan Perseroda, 23 badan usaha swasta berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan 23 Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) atau Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) yang beroperasi di bawah Dinas Cipta Karya.

“Dalam Mapamnas ini juga dibahas isu strategis organisasi ke depan dan masalah tantangan ke depan,” ulasnya. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here