Beranda Entertainment Desa Miau Baru Diterjang Banjir – Puluhan Rumah Terendam Air Sedalam Dua...

Desa Miau Baru Diterjang Banjir – Puluhan Rumah Terendam Air Sedalam Dua Meter

269 views
0

Sekretaris Kecamatan Petrus Ivung bersama tim, pagi melaporkan bahwa kedalaman banjir di rumah warga hampir dua meter.(Wak Hedir Pro Kutim)

KONGBENG – Curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini mengakibatkan Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ikut dilanda banjir. Banjir kali ini malah bisa dibilang yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Sekretaris Kecamatan Petrus Ivung bersama tim, pagi ini Kamis (16/12/2021) melaporkan bahwa kedalaman banjir di rumah warga hampir dua meter. Khususnya di pemukiman warga yang tinggal di bantaran sungai dan di dataran rendah.

“Banjir tahun ini tertinggi dari yang sebelumnya. Lebih banyak warga yang terdampak dan rumahnya digenangi air,” ungkap Petrus.

Menurut informasi yang diterima media ini, puluhan rumah warga yang biasanya tak pernah dimasuki air, saat ini ikut tergenang air. Sejak tadi malam sampai pagi ini, pihaknya terus melakukan pemantauan untuk siaga evakuasi.

“Warga di RT 6 rata-rata rumahnya sudah mulai terendam air. Sementara dievakuasi ke rumah warga yang fondasinya lebih tinggi. (Warga) Lainnya (dievakuasi) di Balai Desa (Lamin Adat) Desa Miau Baru,” jelas Petrus.

Tim evakuasi, menurut Petrus, bergotong royong membantu warga yang rumahnya kebanjiran. Sambil berendam atau menggunakan sampan kecil membantu mengangkat barang-barang elektronik dan hasil panen milik warga. Untuk disimpan di tempat yang lebih tinggi, agar tidak terendam air. Petrus menyebut, curah hujan yang intens dan cukup tinggi menjadi salah satu penyebab utama banjir. Karena karena hujan yang terus menerus membuat sungai Seleq dan Melenyiuq di Miau Baru meluap. Hingga airnya masuk ke dalam pemukiman warga di desa Miau Baru dan sekitarnya.

“Sampai saat ini, Desa Miau Baru sedang hujan. Kita harapkan bantuan semua pihak terkait, serta doa agar banjir ini cepat surut,” harap Petrus. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here