Beranda Pemerintahan Mampir di Kaliorang, Gubernur Kaltim Tanam dan Panen Pisang Kepok

Mampir di Kaliorang, Gubernur Kaltim Tanam dan Panen Pisang Kepok

262 views
0

Isran Noor didampingi Sekretaris Provinsi (Sesprov) Kaltim Muhammad Sa’bani, Kepala Dinas Pertanian Kutim Dyah Ratnamingrum melakukan penanam pohon pisang kepok, di Desa Kaliorang. (Wak Hedir Pro Kutim)

KALIORANG – Pengembangan komoditi tanaman pisang kepok di Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang kini kembali memesona mendapat perhatian Gubernur Kaltim H Isran Noor. Buktinya, saat mampir di Kaliorang, Sabtu (18/12/2021), Isran didampingi Sekretaris Provinsi (Sesprov) Kaltim Muhammad Sa’bani, Kepala Dinas Pertanian Kutim Dyah Ratnamingrum melakukan penanam pohon pisang kepok, di Desa Kaliorang.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Pemprov Kaltim ini menyebut Kutim memiliki sumber daya alam (SDA) yang luar biasa. Telah banyak memberikan kontribusi bagi Negara. Isran menambahkan, di Kutim terdapat batubara kualitas terbaik. Kemudian perkebunan kelapa sawit terluas di Kaltim serta tanaman pisang kepok yang telah memenuhi kebutuhan lokal, regional hingga luar negeri.

“Untuk itu, mari kita tingkatkan lagi tanaman pisang ini, dengan berbagai cara yang baik. Ini menjadi tantangan bagi penyuluh. Bagaimana pisang ini, bisa menjadi pisang yang terbaik, tidak ada bintik-bintik sehingga harga jual pun lebih tinggi,” pintanya.

Selain menyerahkan bantuan sosial, secara umum, kunjungan Isran ke Kutim adalah untuk menyerahkan bantuan pertanian dan bibit. Kepada kelompok tani di daerah pesisir. Seperti Bengalon, Kaliorang, Teluk Pandan dan Kaubun. Bantuan tersebut antara lain, untuk pengembangan hortikultura, yakni 2.000 bibit durian dan 10.000 bibit alpukat. Selain pengembangan hortikultura juga bantuan prasarana dan sarana. Yaitu Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 700 meter untuk Poktan Bara Mandiri Desa Danau Redan, Kecamatan Teluk Pandan. Berikutnya satu unit embung dengan kapasitas 500 meter kubik untuk Poktan Karya Tani Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kaliorang.

Selanjutnya, alat angkut hortikultura sebanyak 3 unit, untuk Poktan Sumber Sari Desa Bukit Makmur, Kecamatan Kaliorang (2 unit) dan Poktan Harapan Jaya Desa Kaliorang Kecamatan Kaliorang (1 unit). Serta alat tanam jagung 2 unit untuk Poktan Tani Sayur Lestari dan Mekar Sari, Kecamatan Kaliorang.(hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here