Beranda Pemerintahan Genjot PADes, Tepian Langsat Maksimalkan Dua Objek Wisata Alam

Genjot PADes, Tepian Langsat Maksimalkan Dua Objek Wisata Alam

210 views
0

Kepala Desa Tepian Langsat Zeky Hamzah dalam momen pemaparan dalam Musrenbangcam Bengalon.Foto: Hasyim

BENGALON – Kepala Desa Tepian Langsat Zeky Hamzah menegaskan kini pihaknya tengah fokus mempersiapkan dua objek wisata alam yang prospeknya sangat menjanjikan. Untuk menggenjot pendapatan asli desa (PADes). Hal itu ia katakan dalam Musrenbangcam Bengalon di Gedung BPU Rantau Pulung (Ranpul), Selasa (8/3/2022).

Disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Wabup Kasmidi Bulang, Kades Tepian Langsat menjelaskan dua objek wisata alam menarik tersebut adalah Air Terjun Simpang Mengkayi dan wisata susur Goa Batu Aji Ilas Beukir.

“Ini wisata baru yang mampu memberikan pengalaman baru dan tentunya melestarikan potensi sumber daya alam (SDA) di Desa Tepian Langsat. Selanjutnya objek wisata alam ini dapat terekspos,” jelasnya ditemui Pro Kutim.

Untuk ke Air Terjun Simpang Mengkayi bisa dari jalur Sangatta ke kilometer 118 Desa Tepian Langsat hanya membutuh waktu 1,5 jam. Bisa menggunakan kendaraan mobil pribadi. Selanjutnya masuk ke Blok PT AE hanya 10 menit saja dan dari jalan raya terus jalan sekitar 200 meter sudah sampai ke lokasi air terjun.

Sementara itu, untuk menuju Goa Batu Aji Ilas Beukir harus naik perahu menyusuri sungai. Aksesnya dari Dermaga Desa Hambur Batu selama 40 menit, terus turun di pasar poin pelabuhan. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki sekitar 300 meter menuju Goa Batu Aji Ilas Beukir melewati Telaga Bidadari.

“Aksesnya mudah dijangkau namun harus sedikit menguras tenaga dan cukup menantang untuk wisata minat khusus,” jelasnya.

Pihaknya pun tengah mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana demi merealisasikan program dimaksud. Salah satunya ketersediaan toilet umum di sekitar area Goa Batu Ilas Beukir. Ke depan area ini juga akan dilengkapi dengan flying camp. Dia ingin memastikan objek wisata alam ini layak didatangi. Karena tentunya meningkatkan PADes dan hasilnya bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat. Dibidang kesehatan maupun pendidikan.

Saat ini menurut Zeky, promosi sudah berjalan dengan membuat paket wisata yang bisa dipilih. Paket ini pun sudah termasuk di dalamnya penginapan, transportasi, alat berkemah serta konsumsi. Namun, pihaknya hanya menerima pengunjung dengan syarat khusus. Seperti tidak mempunyai penyakit berat bawaan. Selain itu tidak memiliki fobia tertentu yang berkaitan dengan lokasi goa. Seperti fobia terhadap sungai atau ketinggian.

“Direncanakan habis lebaran (Idul Fitri) tahun ini, objek wisata Goa Batu Aji Ilas Beukir akan dibuka secara luas untuk masyarakat. Kita maunya tempat ini siap dulu,” tutupnya. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here