Beranda Pemerintahan Satpol PP Sosialisaikan Perda Ketertiban Umum di Sangsel

Satpol PP Sosialisaikan Perda Ketertiban Umum di Sangsel

30 views
0

Satpol PP bersama peserta sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2007 di Kecamatan Sangatta Selatan. Foto: Ist

SANGATTA- Sebagai upaya meningkatkan kesadaran pada ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) gencar menggelar sosialisasi Produk Hukum. Kali ini Polisi Pamong penegak aturan daerah ini menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum. Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Serba Guna, Kantor Camat Sangatta Selatan (Sangsel), Kamis (9/6/2022).

Sekretaris Satpol PP Kutim Adiluddin AS yang hadir sebagai pembicara menjelaskan bahwa Satpol PP mempunyai tugas dibidang pembinaan masyarakat, ketertiban umum dan ketentraman, penegakan peraturan daerah. Serta perlindungan masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan.

“Kegiatan kita ini salah satu upaya bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum. Hingga warga mengetahui betul apa saja yang menjadi hak, kewajiban dan larangan serta sanksi yang tercantum pada Perda, “ beber di acara yang turut dihadiri Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah serta unsur Muspika Kecamatan tersebut.

Menurut dia, sosialisasi serupa digelar di lima kecamatan secara bergantian. Selain Sangsel, akan dilakukan pula di Sangatta Utara, Muara Wahau, Teluk Pandan dan Bengalon. Bertujuan memberikan edukasi serta pemahaman terkait Perda Ketertiban Umum. Khususnya kepada aparat Pemerintah Daerah, mulai dari Ketua RT, Lurah, Kepala Desa hingga petugas yang ada di kecamatan.

“Sasaranya adalah bagaimana memberikan pelayanan, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat, terkait penggunaan fasilitas umum serta aktifitas sosial yang tidak bertentangan dengan Perda,“ terangnya.

Dihubungi terpisah, Camat Sangsel Vita Nurhasanah berharap sosialisasi tersebut dapat terus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga produk hukum daerah ini yakni Perda, benar-benar bisa dipahami dan dimengerti masyarakat secara luas. Pihaknya juga mengajak bersama-sama untuk terus membangun koordinasi, komunikasi serta kemitraan yang baik. Sebagai aktor di dalam penegakan peraturan.

“Agar apa yang kita harapkan untuk mewujudkan kemajuan daerah sesuai dengan visi dan misi Pemkab Kutim dapat terwujud,“ pungkasnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here