Beranda Sosial & Kesehatan Di HUT 17 Desa, Warga Tepian Baru Kini Nikmati Air Bersih

Di HUT 17 Desa, Warga Tepian Baru Kini Nikmati Air Bersih

103 views
1

Momen Peresmian Spamdes di halaman kantor desa Tepian Baru. (Hasyim Dikpim)

BENGALON – Warga Desa Tepian Baru Kecamatan Bengalon kini semakin bersyukur. Pasalnya di usia ke 17 desa, warga telah menikmati air bersih melalui program Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan (Spamdes). Kebahagian itu nampak saat Bupati Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kasmidi Bulang meresmikannya dengan melakukan pengguntingan pita, secara simbolis membuka keran air dan melakukan penandatangan prasasti. Momen bahagia itu berlangsung di halaman Kantor Desa Tepian Baru, Kamis (16/6/2022), sebelum perhelatan HUT 17 desa. 

Peresmian turut disaksikan Wakil Ketua DPRD Arfan, Seskab Rizali Hadi, Ketua TP PKK Ny Hj Siti Robiah, Kepala DPMDes Yuriansyah, Anggota DPRD Kutim Masdari Kidang dan Fitriani. Camat Bengalon Suharman, perwakilan perusahaan, unsur muspika dan undangan lainnya. 

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman mengatakan dalam acara HUT ke 17 Desa Tepian Baru ini, ada progres positif yang didapat, yakni peresmian Spamdes. Ia mengucapkan syukur dengan adanya Spamdes, warga Desa Tepian Baru kini dapat menikmati air bersih. 

“Program ini dimulai dari 2019, Alhamdulilah sekarang pipanisasinya sudah mencapai 9 kilometer lebih,” ucap Ardiansyah yang mengenakan blangkon hadiah dari masyarakat.

Namun demikian, Bupati mengakui semua itu masih dukungan lebih. Sebab program ini masih membutuhkan enam ribu meter jaringan tambahan untuk distribusi. Artinya DPMDes Kutim harus segera menyelesaikannya. Dia berharap dengan adanya fasilitas-fasilitas yang mendukung saat ini, warga desa dapat terus menjaga dan merawatnya. 

Temui tim Pro Kutim usai kegiatan, Kepala Desa (Kades) Tepian Baru, Edy Suprianto menyampaikan, air bersih ini telah lama dinantikan warganya. Spamdes ini menggunakan anggaran dari Dana Desa (DD) dan program Pemkab Kutim melalui DPMDes Kutim. 

“Allhamdulilah (Spamdes) sudah mengalir, air bersih ini telah dinikmati 120 KK,” kata Edy yang dikenal sebagai petani semangka yang sukses. 

Ia berharap kepada Pemkab, ke depan program Spamdes ini didukung bendungan di sungai yang merupakan sumber air tersebut. Sebab saat kemarau debit air menyusut dan berpotensi kekeringan. (kopi7/kopi3)

1 KOMENTAR

  1. Luar Biasa Kepala Desa Tepian Baru Edi Suprianto (Junjung)
    Semoga Diperingatan HUT Yg Ke-18 Desa Tepian Baru, Lebih Meriah Lagi & Kerjasama Warga Desa Semakin Solid.
    Bravo Tepian Baru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here