Beranda Kutai Timur Lewat Lomba, Festival Sekerat Nusantara Kenalkan Wisata dan Budaya

Lewat Lomba, Festival Sekerat Nusantara Kenalkan Wisata dan Budaya

113 views
0

Juara : Nampak Bupati Ardiansyah Sulaiman memberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan pada salah-satu juara lomba yang di pertandingkan di Festival Sekerat Nusantara (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

BENGALON – Festival Sekerat Nusantara 2022 yang ditutup Bupati Ardiansyah Sulaiman pada Sabtu (23/7/2022) malam, tidak saja sukses secara acara berbalut kuktur lokal maupun tradisional, tetapi juga sukses menggerakan ekonomi kerakyatan melalui peran serta UMKM, selama seminggu acara berlangsung.

Bahkan festival ini juga menghasilkan berbagai juara-juara yang diperlombakan oleh panitia Festival Sekerat Nusantara. Seperti lomba balap kapal mesin dompeng. Juara I yaitu Jahwa 15 dari Penajam Paser Utara (PPU), KMJ 77 Muara Kembang juara II asal Samarinda, lalu juara III ditempati Samurai asal Samarinda.

Juara I lomba egrang putra diraih Roni, juara II Junsyah, juara III Tegar. Adapun juara I lomba egrang puteri Rosidah, juara II Santi, juara III Ipau Susanti. Untuk Lomba Mancing Mania juara I diperoleh tim Fogo Maania, juara II tim Bayan Timur, dan juara III Kula Muara Bengalon. Untuk Lomba Mancing Pantai juara I diperoleh Tegar, juara II Makmur dan juara III Yansyah. Lomba Sumpit juara I Syaiful, juara II Ruslan, juara III Asmui. Lomba Balap Karung juara I adalah Siti Hariyanti, juara II Swarni Nining dan juara III Risqa. Lomba Gasing juara I ialah Rio, juara II Tegar dan juara III Parno.

Kepala Desa Sekerat Sunandhika menerangkan, Festival Sekerat Nusantara merupakan ajang untuk memperkenalkan destinasi dan kultur budaya masyarakat Sekerat pada khalayak luas. Menampilkan pula hamparan pantai sepanjang 5 Km, wisata bahari, wisata snorkeling (selam permukaan, red), olahraga paralayang, wisata mangrove, hingga wisata religi di Sekurau Bawah.

Kades Sekerat Sunandhika (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

“Desa ini secara geografis memiliki 5 buah dusun, dengan jumlah RT sebanyak 15. Tentu dengan banyaknya potensi pariwisata di daerah ini, diharapkan akan memancing banyak wisatawan ke desa. Semoga hal ini sesuai dengan keinginan dan harapan seluruh masyarakat, agar desa semakin maju dan berkembang,” sebutnya.

Ditambahkan, Ketua Panitia Suharto, dia berharap di tahun depan pihaknya dapat menyelenggarakan kembali kegiatan serupa. Sebab agar meriah, festival ini juga mengundang kedatangan wisawatan dari beberapa kecamatan tetangga. Seperti Kaliorang, Batu Ampar, maupun Kaubun.

Nikmati : Nampak Sekretaris Kabupaten Rizali Hadi bersama Kepala DMP-PTSP Teguh Budi Santoso, menikmati suasana pantai Sekerat di sore hari. (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

“Ucapan ribuan terima kasih kami haturkan pada Pemkab Kutim, pihak perusahaan, warga masyarakat setempat, maupun wisatawan yang hadir dalam kegiatan Festival Sekerat Nusantara,” kata Suharto. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here