Beranda Kutai Timur Pemkab Kutim Terus Komitmen Berikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat

Pemkab Kutim Terus Komitmen Berikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat

53 views
0

SANGATTA- Bupati Kutai Timur ( Kutim) H Ardiansyah Sulaiman Ardiansyah menegaskan, pemerintah daerah saat ini sangat peduli dengan program kesehatan, khususnya bagi warga di Kutim. Kepedulian pemerintah tersebut membuahkan predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan. Sebagai bukti komitmen pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kutim. Hal itu disampaikan oleh Ardiansyah pada Rapat Forum Komunikasi dan Tim Monitoring Evaluasi Penyediaan Faskes Sarana Prasarana dan SDM Faskes dengan Pemangku Kepentingan Utama di Ruang Arau, Sekertariat Kabupaten pada Jumat (26/8/2022). 

“Jangan sampai kita memiliki fasilitas (BPJS Kesehatan) yang sudah diberikan oleh negara, tidak bisa di manfaatkan,” kata Ardiansyah dalam rapay yang dihadiri Plt Asisten Administrasi Umum Yuriansyah, Kepala Cabang BPJS Samarinda Mangisi Raja Simarmata, Staf Ahli Bupati Sulastin, Kadinkes dr Bahrani, Direktur RSUD Kudungga dr Yuwana Sri Kurniawati, Kadisnaker Sudirman Latief, Kepala Cabang BPJS Kutim Herman, pimpinan Rumah Sakit yang ada di Kutim. 

Sebagai upaya untuk mendukung program tersebut, saat ini RSUD Kudungga yang merupakan rumah sakit milik daerah, terus berbenah dengan melengkapi berbagai peralatan kesehatan. Salah satunya alat cuci darah (Hemodialisa) yang diharapkan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 

“Apalagi sudah terkoneksi dengan BPJS, ini menjadi penting. Namun saya berharap alat (BPJS) ini tidak digunakan. Maksudnya tidak ada masyarakat yang kena penyakit,” gurau Ardiansyah. 

Sebelumnya, Kepala BPJS Cabang Samarinda Mangisi Raja Simarmata mengatakan, pelaksanaan program JKN di Kabupaten Kutim terutama dari sisi pelayanan yang hingga sampai saat ini mampu berjalan dengan baik. Serta sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Terbukti dengan adanya UHC yang sudah mampu diraih oleh Kaupaten Kutim,” ucapnya.

Kemudian, cakupan masyarakat di Kabupaten yang akan segera berusia 23 tahun ini sudah mampu menembus di angka 98 persen. Selain itu, sekarang Kutim juga masih memiliki peluang untuk mengisi kuota kurang lebih sebanyak 7000 kepesertaan layanan kesehatan. Dengan sumber pembiayaan melalui anggaran Kementerian Sosial. 

Dalam kegiatan tersebut juga di rangkai dengan penandatangan program kerja sama antara pihak BPJS Kesehatan dengan RSUD Kudungga. Terkait pelayanan kesehatan Hemodialisa (cuci darah) yang turut disaksikan Bupati H Ardiansyah Sulaiman serta undangan yang hadir. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here