Beranda Kutai Timur Masuki Usia ke-77, PMI Tetap Utamakan Misi Kemanusiaan

Masuki Usia ke-77, PMI Tetap Utamakan Misi Kemanusiaan

332 views
0

Suasana Upacara peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-77 PMI Tahun 2022 yang ditandai dengan potong tumpeng di Gedung Aula Pertemuan SMAN 1 Sangatta Utara (Foto: Noviansyah Pro Kutim) 

SANGATTA – Palang Merah Indonesia (PMI) bertindak layaknya tangan di bawah maupun tangan di atas. Tangan di bawah karena PMI menerima bantuan dari berbagai masyarakat, perusahaan, lembaga atau instansi maupun perorangan. Selanjutnya tangan di atas karena seluruh sumber daya atau bantuan yang diperoleh, disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, di dalam maupun di luar negeri. Itulah yang dapat digambarkan mengenai perkembangan lembaga kemanusiaan ini di Indonesia. 

Pada upacara peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-77 PMI Tahun 2022, yang digelar di Gedung Aula Pertemuan SMAN 1 Sangatta Utara pada Rabu (21/9/2022) pagi, Wakil Bupati Kasmidi Bulang menekankan, PMI Kutai Timur (Kutim) terus berpegang pada prinsip-prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan. 

“Sejatinya tugas PMI memiliki tanggung jawab pada pelaksanaan perihal kemanusiaan, kesukarelawanan yang terorganisir di mana kiprahnya tidak saja secara nasional namun juga internasional. Tak lupa kita berdoa untuk saudara-saudara kita di PMI yang telah berjuang mengabdikan diri untuk kemanusiaan, baik dari masa awal perjalanan bangsa hingga era sekarang,” tegas Kasmidi yang menjabat Ketua Umum PMI Kutim.

Ditambahkannya, dalam menjalankan berbagai kegiatan kepalang merahan, PMI juga menanggulangi penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat. Penanganan masalah kesehatan sosial serta pendidikan dan pelatihan pembinaan generasi muda dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

“Fokus pada layanan masyarakat, dimana kita memiliki semangat juang yang sama bagi Indonesia, maupun Kutim pada khususnya. Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada relawan, karyawan dan pengurus serta jajaran PMI di semua tingkatan, atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini,” terang Kasmidi. 

Selain melakukan upacara HUT PMI ke-77, dilakukan pula pemberian sejumlah penghargaan. Baik itu para tokoh-tokoh pemimpin yang terlibat dalam perjalanan maupun mendukung PMI Kutim. Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Ketua DPRD Kutim Joni, Kadinkes Bahrani Hasanal, Plt Kepala Dinas Pendidikan Irma Yuwinda, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan sekolah-sekolah, maupun siswa-siswi peserta upacara. 

Tak ketinggalan hadir pula para pengurus PMI Kutim, antara lain Wakil Ketua merangkap Bidang Organisasi Padliansyah, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Moch Misbachul Choir, Ketua Bidang Yankessos dan UDD dr Setyadi, Ketua Bidang Relawan Istadi, Ketua  Bidang Pengembangan Sumber Daya Irma Yuwinda, Ketua Komunikasi Uud Sudihardjo, Sekretaris Wilhelmus Wio Doi, Bendahara Siti Fatimah, Anggota Bidang Organisasi Agustinus Wangge, Anggota Bidang Penanggulangan Bencana Daniel Tiku, Anggota Bidang Yankessos dan UDD Nurkholis, Anggota Relawan Ichwan Syarif, Anggota Bidang Pengembangan Hajrah dan Anggota Bidang Komunikasi Rudi Hartono.

Selanjutnya Kasmidi Bulang bersama seluruh pengurus PMI, berkunjung ke RSUD Kudungga untuk menyerahkan bantuan berupa bingkisan untuk pasien kelas III di rumah sakit plat merah tersebut. (kopi5/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini