Beranda Entertainment Prima Aksi Garapan SD YPPSB, Ajang Tingkatkan Literasi Anak

Prima Aksi Garapan SD YPPSB, Ajang Tingkatkan Literasi Anak

220 views
0

Bupati Ardiansyah saat menghadiri puncak kegiatan Prima Aksi yang diselengarakan SD YPPSB 1 Sangatta Utara. Foto : Nasruddin/Pro Kutim

SANGATTA – Puncak kegiatan Prima Aksi 2022 yang diselenggarakan oleh Sekolah Dasar (SD) YPPSB 1 Sangatta Utara memperingati sumpah pemuda dan bulan bahasa turut dihadiri Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman di GOR Swarga Bara, Sabtu (29/10/2022).

Bupati Ardiansyah pun memberikan apresiasi untuk terselenggaranya kegiatan Prima Aksi Tahun 2022. Ardiansyah juga menyampaikan terima kasih karena kegiatan ini memberikan ruang dan waktu kepada anak-anak. 

“Untuk memunculkan, mengenalkan, mendeklarasikan karya anak-anak. Di bidang seni maupun bidang lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa di hari yang sama pemerintah daerah juga mengadakan pawai pembangunan sebagai apresiasi kepada masyarakat. Dalam bentuk visualisasi pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah. 

“Dengan pawai pembangunan ini kita mengharapkan banyak masukan dari warga masyarakat. Sehingga pemerintah juga mengikut sertakan di dalam konsep pembangunan apalagi dengan visi ‘Menata Kutai Timur Sejahtera untuk Semua’,” tambahnya. 

Keterlibatan masyarakat, pihak-pihak yang turut membangun Kutim diharapkan bisa memberikan kontribusi pemikiran dan sebagainya.

Sementara itu, Ketua YPPSB Arif Rusmin menjelaskan bahwa literasi di Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara. Merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Dengan adanya kegiatan Prima Aksi 2022 yang diadakan SD YPPSB 1, diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan literasi nasional.

“Harapan saya kegiatan seperti ini perlu dijaga dan selalu ditingkatkan di masa mendatang. Sehingga bisa memberikan manfaat baik untuk internal YPPSB, untuk masyarakat Kutim maupun untuk nasional,” harapnya. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Ratna Sari menjelaskan bahwa kegiatan Prima Aksi merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun memperingati bulan bahasa dan sumpah pemuda. Di 2022 ini Prima Aksi mengangkat tema “Better City for Better Future”. Anak-anak SD YPPSB 1 diarahkan untuk membuat tulisan dalam bentuk surat yang ditujukan kepada para pejabat Kutim. Terkait harapan dan keinginan mereka sebagai warga Kutim  5-15 tahun yang akan datang.

“Hari ini merupakan puncak kegiatan Prima Aksi, sebelumnya kita sudah menggelar berbagai lomba seperti lomba menulis, pidato, dongeng dan ada menulis puisi,” jelasnya

Ia juga menambahkan bahwa puncak kegiatan Prima Aksi menggunakan pakaian adat sebagai rangkaian peringatan hari sumpah pemuda

“Kami ingin anak-anak mengenal bahwa Indonesia itu beragam, baik suku, budaya maupun adat istiadat. Semua pakaian adat provinsi kita tampilkan. Selain itu kita juga menampilkan perpustakaan YPPSB  sebagai bentuk dukungan literasi buku dan di luar GOR juga ada perpustakaan keliling milik Pemkab Kutim,” tegasnya. (kopi14/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here