Beranda Pemerintahan Bappeda Kutim Sosialisasikan EVDOREN, Sistem Terintegritas dan Efektif

Bappeda Kutim Sosialisasikan EVDOREN, Sistem Terintegritas dan Efektif

90 views
0

Bappeda Kutim menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi EVDOREN di Ballroom Lantai 2 Hotel Bumi Senyiur. Foto: Istimewa For Pro Kutim

SAMARINDA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan gerak cepat dalam upaya mengintegrasikan seluruh sistem informasi evaluasi, dalam Evaluasi Dokumen Perencanaan (EVDOREN). Sistem ini dilakukan untuk menjamin efektifitas pelaksanaan proses evaluasi pelaksanaan APBD, proses perencanaan sekaligus melakukan fungsi pengendalian dan evaluasi APBD. Kegiatan ini dipusatkan langsung di Ballroom Lantai 2 Hotel Bumi Senyiur, Jumat (28/10/2022). 

Diikuti sebanyak 147 peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan pegawai di 18 kecamatan se-Kutim, kegiatan sosialisasi EVDOREN menghadirkan beberapa narasumber. Seperti Asisten Ekobang Seskab Kutim Zubair, Kepala Bidang Perencanaan dan Pendanaan Bappeda Kaltim Alfino Rinaldi Arief dan Tim Konsultan EVDOREN.

Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor menyampaikan, aplikasi EVDOREN harus menjadi perhatian bersama karena fungsinya sangat penting. Untuk menjawab semua kendala dan permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kutim.

“EVDOREN ini dapat mempermudah proses pelaporan, sehingga laporan evaluasi hasil pelaksanaan rencana kerja perangkat daerah dapat disusun dan disampaikan lebih efisien dan tepat waktu,” ungkap Novi sapaan akrab Kepala Bappeda.

Kemudian, dengan diterapkannya teknologi dalam berbagai pekerjaan dan semakin berkembangnya kegiatan pemerintah melalui elektronik government (E-Gov), diharapkan akan memudahkan perwujudan tata kelola pemerintah yang baik. Dimulai dari proses perencanaan sampai pada pelaporan dan evaluasi.

Asisten Ekobang Seskab Kutim Zubair mengapresiasi kegiatan ini. Khususnya dalam mendukung dan mempercepat kinerja pemerintah yang profesional.

“Tentunya momen ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan dalam mendukung pemerintah yang akuntabel dan transparan dalam pelaksanaan program serta kegiatan di masing-masing OPD. Pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan dan capaian kinerja akan tergambar jelas melalui aplikasi EVDOREN,” bebernya.

Ia pun mengajak peserta sosialisasi untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi EVDOREN, agar dapat mempermudah para pengguna pada setiap OPD membuat laporan dalam berbagai format yang telah disediakan.(*/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here