Beranda Kutai Timur Pemerintah Kecamatan Kaliorang dan Perusahaan Segera Wujudkan TPA Sampah

Pemerintah Kecamatan Kaliorang dan Perusahaan Segera Wujudkan TPA Sampah

167 views
0

Plt Camat Kaliorang I Komang Suyadana. Foto: Ist

KALIORANG – Produksi sampah rumah tangga kian hari kian terus bertambah. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk ditiap kecamatan. Hal tersebut nyatanya juga terjadi di Kecamatan Kaliorang. Sampah yang dihasilkan masyarakat sudah semestinya tak dibuang sembarangan. Meskipun masih di perkampungan atau di desa. Sampah seharusnya dibuang pada tempatnya hingga akhirnya terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Hasil pantauan media, sudah ada beberapa kecamatan yang memiliki TPA. Diantaranya Sangatta dan Bengalon dan Sangkulirang. Paling anyar, Kecamatan Kaliorang menyusul akan membangun TPA. Rencana program pembangunan TPA Sampah terwujud berkat kerja sama dengan perusahaan. Salah satunya dengan dukungan PT Indexim Coalindo. Pemerintah Kecamatan sudah menyediakan lahan seluas 2 hektare (Ha). Lokasinya di SP 1 Kaliorang yang berbatasan dengan Kecamatan Kaubun.

“Ini merupakan tanah hibah, kita sangat bersyukur sekali karena akan memiliki TPA sendiri,” kata Plt Camat Kaliorang I Komang Suyadana.

Tentu saja TPA ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat Kaliorang. Dia menambahkan, PT Indexim memberikan bantuan berupa alat untuk membersihkan dan membuat TPA. Pihak perusahaan memberikan restu untuk pembuatan TPA itu.

Menilik kembali momen sebelumnya, I Komang menjelaskan bahwa sebenarnya untuk pembuatan TPA sudah lama direncanakan. Namun tak kunjung terealisasi. Namun kini dia bisa bersyukur rencana dimaksud bakal segera terkabul.

“Kami target akhir 2022 ini sudah bisa dimanfaatkan. Mudahan di Desember. Sudah di survei oleh tim Indexim dan sudah disetujui. Tinggal nunggu tanda tangan persetujuan direksi,” katanya.

Kontribusi pihak perusahaan batu bara ini tentunya diapresiasi oleh I Komang. Pasalnya Indexim memang kerap memberikan bantuan. Kepada pemerintah maupun ke masyarakat secara langsung. Dia berharap akan ada terus kerjasama antara Pemerintah Kecamatan Kaliorang dengan perusahaan. Sehingga hubungan sinergi terus terjaga dengan baik.

Ditemui terpisah, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Palesangi turut memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan dan pihak perusahaan yang sudah berjuang untuk mewujudkan TPA.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur sekali beberapa kecamatan sudah ada TPA. Mudah-mudahan TPA di Kaliorang segera selesai. Sehingga pengelolaan sampah di kecamatan tersebut semakin baik,” harapnya. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini