Beranda Kutai Timur Dengan Siskeuedes 2.05, DPMDes Tekankan Pemdes Kerja Sesuai RPJMD

Dengan Siskeuedes 2.05, DPMDes Tekankan Pemdes Kerja Sesuai RPJMD

78 views
0

Kepala DMPDes Kutim Yuriansyah secara simbolis memberikan tanda id card dan bahan materi Bimtek Siskuedes 2.05 kepada peserta. Foto: Irfan/Pro Kutim

SAMARINDA- Dalam momentum pembukaan Bimtek Siskeudes 2.05 yang digelar di Lantai 3 Ballroom Hotel Mercure, Rabu (8/2/2023), Kepala DMPDes Kutim Yuriansyah mengajak 228 peserta dari 123 desa yang terdiri jajaran perangkat pemerintahan desa dalam penyusunan dan penganggaran keuangan desa harus mengacu pada RPJMD Kutim. Melalui visi “Menata Kutim Sejahtera untuk Semua” harus menjadi acuan setiap perencanaan, pelaksanaan dan hasil dari pembangunan yang ada di Kutim.

Jadi besaran anggaran yang diterima desa saat ini memang belum mampu memenuhi kebutuhan pembangunan di setiap desa dalam jangka pendek. Oleh sebab itu, perlu suatu perencanaan yang baik dan melihat prioritas kebutuhan desa sehingga anggaran yang ada digunakan dapat lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran dengan menyusun dan menetapkan dokumen RPJMDes secara cermat dan tepat.

“Nah, dari anggaran yang telah dialokasikan kepada setiap desa diharapkan desa mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PADes) dengan menggali potensi yang ada. Apabila desa mampu menggali sumber-sumber PADes maka akan terwujud suatu otonomi desa yang mandiri dikarenakan desa tidak lagi terlalu bergantung pada dana-dana bantuan, serta desa dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sendiri atas anggaran pembangunan dan hasil penggunaannya,” tegasnya.

Kemudian, dalam pengelolaan keuangan desa perlu menjadi perhatian yakni perlu adanya perencanaan yang terukur di setiap desa berdasarkan kebutuhan prioritas masyarakat dengan melihat dan menggali potensi wilayah desa masing-masing. Selanjutnya wajib melakukan sosialisasi kepada masyarakat atas perencanaan dan hasil-hasil pembangunan. Berikutnya, arah perencanaan dan pelaksanaan pembangunan harus dapat meningkatkan perekonomian desa dalam mewujudkan kemandirian masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

“Jadi memang perlu adanya target dari pelaksanaan pembangunan di desa dengan menitikberatkan kepada kemandirian masyarakat. Untuk itu juga harus ada keseriusan, kerja keras, kreativitas, kejujuran, keikhlasan, semangat dan inovasi yang menjadi landasan kerja bersama. Untuk itu, pengelolaan keuangan desa wajib dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan,” urainya.

Untuk itu, DPMDes Kutim sangat berharap lewat kegiatan ini kapasitas SDM pemerintahan desa dapat meningkat dengan memanfaatkan Siskeudes 2.05 online.

“Ikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan disiplin dan bersungguh-sungguh sehingga akan memberi pengetahuan dan keterampilan yang akan meningkatkan kemampuan peserta dalam penggunaan aplikasi Siskuedes,” tutupnya. (kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini